Yuk Nonton di Sekolah

[Expired] 29 - 30 Maret 2017

Oleh : Hanun Wuryansari / Rabu, 29 Maret 2017 10:37

 

Yuk Nonton di Sekolah adalah program yang didukung Seksi Perfilman Dinas Kebudayaan Daerah Istimewa Yogyakarta yang dikelolaoleh Yuk Nonton!!!. Program yang direalisasikan untuk pertama kalinya pada Februari 2017 disikapi sebagai program pemutaran yang akan berlangsung secara berkesinambung. Tahun 2017, kami akan hadir sebanyak delapan kali di beberapa sekolah yang ada di DIY.

Tema besar yang akan menjadi payung program pemutaran Yuk Nonton di Sekolah 2017 adalah“Sinema dan Remaja”.Tema besar tersebut kami pilih untuk mengelola potensi film untuk perkembangan remaja usia pelajar SMA/sederajat.

Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) merupakan salah satu daerah yang memiliki budaya perfilman yang baik. Budaya perfiman Yogyakarta didukung oleh banyak komunitas film yang tumbuh dan berkembang setiap tahunnya. Produksi film panjang-pendek, fiksi-animasi-dokumenter terus bermunculan dan menuai prestasi di level nasional hingga internasional. Selain itu, pemutaran-pemutaran film semakin konsisten tiap bulannya. Festival film berskala nasional hingga internasional juga secara konsisten turut mengkondusifkan iklim perflman di DIY.

Semua pencapaian tersebut masih ada yang belum dicakup, yakni tentang bagaimana film menyentuh pelajar SMA atau sederajat secara berkesinambungan. Beberapa program memang sempat dilaksanakan, namun belum ada yang hadir secara rutin dan berkesinambungan. Pendidikan melalui film di kalangan pelajar harus kami anggap penting untuk memastikan budaya sinema yang berkembang di DIY bisa berdampak dan memiliki penerus-penerus muda yang produktif.

Berdasarkan uraian di atas, program Yuk Nonton di Sekolah sengaja diciptakan sebagai program pemutaran film di sekolah-sekolah untuk menghadirkan film sebagai pengetahuan, hiburan sekaligus medium pendidikan. Yuk Nonton di Sekolah menjadi salah satu program yang bisa menjadi jawaban untuk menyentuh dunia perfilman di kalangan pelajar SMA/sederajat di DIY.

Tujuan yang Ingin Dicapai Yuk Nonton di Sekolah adalah terciptanya budaya menonton tontonan yang edukatif dan menghibur bagi kalangan pelajar SMA/sedarajat, terkelolanya salah satu potensi budaya dan parawisata di DIY dalam konteks perfilman di kalangan pelajar SMA/sederajat, dan turut menyukseskan visi pemerintah DIY sebagai pusat kebudayaan dan parawisata di Asia Tenggara.

jogjastreamers

SWARAGAMA 101.7 FM

SWARAGAMA 101.7 FM

Swaragama 101.7 FM


GERONIMO 106,1 FM

GERONIMO 106,1 FM

Geronimo 106,1 FM


JOGJAFAMILY 100,2 FM

JOGJAFAMILY 100,2 FM

JogjaFamily 100,9 FM


RETJOBUNTUNG 99.4 FM

RETJOBUNTUNG 99.4 FM

RetjoBuntung 99.4 FM


GCD 98,6 FM

GCD 98,6 FM

Radio GCD 98,6 FM


ARGOSOSRO FM 93,2

ARGOSOSRO FM 93,2

Argososro 93,2 FM


Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini