Pariwisata

Bertualang Seru Jelajah Kampung Wisata Warungboto

Oleh : Karni Narendra / Senin, 30 Juli 2018 13:16
Bertualang Seru Jelajah Kampung Wisata Warungboto
Jelajah Kampung Wisata Warungboto

 

Gudeg.net - Dinas Pariwisata saat ini sedang menggalakan promosi konten lokal dengan mengembangkan wisata lokal dan mengenalkan sejumlah kampung wisata binaannya, agar lebih dikenal wisatawan. Dari 17 Kampung Wisata, tahun ini terdapat delapan (8) kampung wisata yang sudah terakreditasi, yaitu Dipowinatan (31 Maret), Rejowinangun ( 12 April), Sosromenduran (14 April), Warungboto (21 April), Kadipaten (29 April), Tamansari (25 April), Cokrodiningratan (26 April), dan Gedong Kiwo (27 April).

Salah satu kegiatannya adalah Jelajah Kampung Wisata, ini merupakan kegiatan di samping Festival Kampung Wisata. Agenda tahunan ini dilaksanakan secara bergantian dari kampung wisata yang satu ke kampung wisata yang lainnya.

Tahun ini Warungboto terpilih sebagai tujuan jelajah wisata setelah tahun lalu berkunjung ke Kamwis Kadipaten dan Kamwis Purbayan. Jelajah kampong wisata ini diikuti oleh beberapa perwakilan diantaranya, Dinpar, ASITA, HPI dan Masyarakat umum.

Semenjak pagi, para peserta tampak antusias mengikuti rangkaian kegiatan jelajah Kampung Wisata Warungboto yang dilaksanakan pada Sabtu, 28 Juli 2018.

Jelajah wisata dimulai dari Gembira Loka, para peserta mengunjungi wahana baru gembira loka “Petting Zoo”, dilanjutkan menyusuri outlet kerajinan di seputar Gembira Loka, mengunjungi Mbelingers (pusat kaos jogja dan oleh-oleh), kemudian mengunjungi pusat kerajinan kulit, mengunjungi Nogobondo dan produksi tempe.

Kemudian peserta di terima di D’omah Wisata, di sini para peserta bisa menyaksikan dan belajar cokekan dan gamelan, rombongan beristirahat sembari menikmati hidangan khas kampung wisata Warungboto Nasi Gudangan dengan lauk baceman dan Wedang Stup.

Memasuki area Situs Tuk Umbul Warungboto para peserta dikawal Bregada Wira Tirta Brata kemudian dilanjutkan jelajah ke dalam situs Warungboto. Para peserta juga disuguhi dengan tontonan menarik khas Warungboto yaitu Sendratari Mreti Tuk Umbul dan kembali lagi ke Gembira Loka.

Norwind N Winursito selaku Kasi Pengembangan ODTW menjelaskan, “tujuan acara jelajah wisata sebenarnya hampir sama dengan Festival Kampung Wisata cuma bentuk kegiatannya yang berbeda.”

 


0 Komentar

    Kirim Komentar


    jogjastreamers

    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JogjaFamily 100,9 FM


    SWARAGAMA 101.7 FM

    SWARAGAMA 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    UNIMMA FM 87,60

    UNIMMA FM 87,60

    Radio Unimma 87,60 FM


    UNISI 104,5 FM

    UNISI 104,5 FM

    Unisi 104,5 FM


    GERONIMO 106,1 FM

    GERONIMO 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM


    SOLORADIO 92,9 FM

    SOLORADIO 92,9 FM

    Soloradio 92,9 FM SOLO


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini