Teknologi

Menteri ESDM Luncurkan Becak Listrik Karya UGM

Oleh : Rahman / Sabtu, 19 Januari 2019 12:46
Menteri ESDM Luncurkan Becak Listrik Karya UGM
Menteri ESDM Ignasius Jonan(atas) dan Rektor UGM Panut Mulyono (bawah) Mencoba Becak Listrik di UGM Yogyakarta,(18/1),Gudeg.net/Rahman

Gudeg.net- Becak listrik karya mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM) secara resmi diluncurkan oleh Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) di halaman Gedung Balairung Rektorat UGM, Jum’at (18/1).

Menteri ESDM Ignasius Jonan mengapresiasi becak listrik karya anak UGM dan Perusahaan Listrik Negara (PLN) ini . Menurutnya inovasi becak listrik ini dapat mengurangi beban para pengayuh becak.

"Pengayuh becak yang telah berumur dapat memanfaatkan armada terbarukan ini dan dapat mengurangi polusi dibandingkan becak motor yang sedang marak di Yogyakarta," ujarnya.

Ia pun menuturkan dengan adanya becak listrik ini lebih memanusiawikan para pengayuh becak listrik, "Masa dizaman sekarang ini masih ada yang mengayuh becak, ya, setidaknya pake becak listriklah sekarang,"  tutur Jonan.

Menteri ESDM menganjurkan nantinya produksi becak listrik dapat diperbanyak melalui kerjasama baik dengan pemerintah maupun dengan pihak swasta.

"Bapak Gubernur juga harus membuat regulasi agar becak listrik ini dapat berjalan karena armada ini juga dapat menunjang sektor pariwisata, tidak menghapus lapangan kerja dan bersih dalam soal polusi lingkungan," jelas mantan menteri perhubungan itu.

Rektor UGM Panut Mulyono menambahkan bahwa untuk sementara ini becak yang didanai oleh PLN berjumlah 5 unit dan akan terus ditingkatnya jumlah produksinya.

"Dengan adanya becak bertenaga listrik ini, para pengayuh becak berubah nama menjadi pengemudi becak. Dengan harapan produktifitas semakin besar karena tenaganya digantikan oleh listrik," ujar Panut.

Becak listrik ini menggunakan komponen penggerak berupa motor listrik 1500 watt 48 Volt dan baterai VRLA 48 V dengan kapasitas 12 Ah. Dengan kekuatan tersebut sebuah becak listri dapat menempuh jarak 30 km namun dapat ditingkatkan menjadi 24 Ah dan jarak tempuh mencapai lebih dari 50 km.

Dengan adanya becak listrik ini UGM dan Kementrian ESDM berharap dapat membantu para pengayuh becak untuk dapat hidup dengan layak dari segi perekonomian dan dapat meningkatkan sektor pariwisata di wilayah Yogyakarta.

0 Komentar

    Kirim Komentar

    jogjastreamers

    SWARAGAMA 101.7 FM

    SWARAGAMA 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    GERONIMO 106,1 FM

    GERONIMO 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM


    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JogjaFamily 100,9 FM


    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM


    GCD 98,6 FM

    GCD 98,6 FM

    Radio GCD 98,6 FM


    ARGOSOSRO FM 93,2

    ARGOSOSRO FM 93,2

    Argososro 93,2 FM


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini