Seni & Budaya

Peduli Covid-19, Pentolan Hasoe Angels Sumbang Lukisan

Oleh : Rahman / Senin, 08 Juni 2020 14:12
Peduli Covid-19, Pentolan Hasoe Angels Sumbang Lukisan
Komandan TRC BPBD DIY, Wahyu Pristiawan (kiri) menerima lukisan berjudul New Hope dari seniman Hadi Soesanto (dua kanan) di Kantor TRC BPBD DIY Kenari Yogyakarta, Senin (8/6)Gudeg.net/Rahman

Gudeg.net- Seniman serba bisa Hadi Soesanto atau yang akrab dikenal dengan sebuat Hasoe menyumbangkan sebuah lukisan kepada BPBD DIY.

Lukisan yang diberi judul New Hope ini merupakan sebuah langkah untuk menyemangati para anggota maupun relawan Tim Reaksi Cepat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (TRC BPBD) DIY.

“Ini adalah sumbangsih saya bagi tim TRC BPBD sebagai salah satu garda terdepan dalam penanganan kasus Covid-19 di Yogyakarta,” ujar Hadi Soesanto (Hasoe) yang hadir dengan menggunakan APD di Kantor Unit TRC BPBD DIY Kenari Yogyakarta, Senin (8/6).

Hasoe menjelaskan, karya lukisannya ini terinspirasi dari tim relawan yang selalu menggunakan alat pelindung diri (APD) bila menangani kasus Covid-19. Betapa beratnya beban tugas yang relawan emban di saat pandemi Covid-19 melanda DIY.

“Saya merasakan memakai APD ini sebentar saja sangat panas, bagaimana dengan mereka (relawan), yang setiap hari pakai. Selain itu mereka juga meninggalkan keluarga untuk ini. Dan harus di apresiasi setinggi-tingginya atas kinerja mereka,” jelasnya.

Lukisan dengan aliran realis tersebut menggambarkan seorang relawan dengan menggunakan masker pelindung wajah dan sebuah tempat air atau teko yang bergambarkan Kepulauan Indonesia.

Menurut Hasoe, teko dengan gambar kepulauan tersebut merupakan simbol dari Indonesia yang selalu dibawa dalam pameran-pameran yang sering ia gelar.

“Setiap kali pameran di luar negeri, saya selalu gambarkan teko dengan gambar Indonesia sebagai identitas kebangsaan saya, sekaligus memberitahu orang luar sana bahwa inilah Indonesia,” tuturnya.

Hasoe dikenal sebagai musisi electone dengan genre pop dan dangdut yang menggandeng sejumlah penyanyi wanita yang kerap disapa dengan sebutan Hasoe Angels.

Pada tahun 2008 Hasoe membentuk band electone miliknya dengan sebutan Grup Band Hasoe Angels dan selalu tampil dengan konsep tematik menghibur.

“Selama wabah ini, Hasoe Angels tetap tampil namun kami ubah menjadi konser virtual dengan memanfaatkan akses internet dan kami siarkan secara live baiik di media sosial maupun platform lainnya,” cerita Hasoe.

Hasoe berharap lukisan berukuran 130cm x 150cm dengan bahan akrilik kanvas yang dibuat selam lima hari tersebut dapat menambah semangat kepada para relawan dan masyarakat luas.

“Dengan melihat lukisan itu, relawan akan semakin semangat dalam menjalankan tugas yang mereka emban dan kepada masyarakat, marilah kita saling mensuppport satu sama lain. Dengan saling menguatkan kita yakin bencana ini bisa kita lalui bersama,” harap pria berusia 52 tahun itu.

0 Komentar

    Kirim Komentar

    jogjastreamers

    SWARAGAMA 101.7 FM

    SWARAGAMA 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JogjaFamily 100,9 FM


    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM


    GERONIMO 106,1 FM

    GERONIMO 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM


    UNISI 104,5 FM

    UNISI 104,5 FM

    Unisi 104,5 FM


    MBS 92,7 FM

    MBS 92,7 FM

    MBS 92,7 FM


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini