Sosial Ekonomi

Edukasi Masyarakat Perangi Covid-19, BPBD DIY Luncurkan Program Destakavid

Oleh : Rahman / Rabu, 24 Juni 2020 10:16
Edukasi Masyarakat Perangi Covid-19, BPBD DIY Luncurkan Program Destakavid
Pedagang batik memakai pelindung wajah atau face shield saat menggelar lapak dagangannya di Malioboro Yogyakarta. Face shield digunakan sebagai salah satu persiapan New Normal di tengah pandemi Covid-19.(2020)Gudeg.net/Rahman

Gudeg.net- Untuk mengedukasi masyarakat dalam memerangi penyebaran Covid-19, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DIY meluncurkan sebuah program yaitu Desa/Kalurahan Tangguh Covid-19 (Destakavid).

Selain memerangi penyebaran Covid-19, program ini juga untuk mempersiapkan masyarakat dalam menghadapi era tatanan hidup baru atau new normal,

“Destakavid dirancang berdasarkan perkembangan penanganan Covid-19 sebagai salah satu cara membangkitkan kembali semangat masyarakat khususnya di wilayah pedesaan,” ujar Kepala Pelaksana BPBD DIY, Drs. Biwara Yuswantana dalam keterangannya yang diterima GudegNet, Rabu (24/6).

Biwara menjelaskan, program ini adalah yang pertama kali diluncurkan di Kota Yogyakarta, namun ke depannya akan dicanangkan di seluruh Kabupaten DIY. Masyarakat harus mengerti cara menanggulangi wabah virus corona yang ada di sekitar lingkungan masing-masing.

“Pencegahan penularan Covid-19 menjadi modal utama untuk memulai normal baru. Saat ini, mau tidak mau untuk membangkitkan kondisi DIY yang saat ini terpuruk, menerapkan normal memang tidak bisa dihindari,” jelasnya.

Menurut Biwara, walaupun Gubernur DIY Sri Sultan HB X tidak mau tergesa-gesa menerapkan new normal, namun kesiapannya harus di tata mulai dari sekarang. Masyarakat harus di persiapkan dari sekarang baik dari level bawah hingga atas.

“Ini adalah cara kita untuk sama-sama mempersiapkan masyarakat untuk dapat tangguh di tengah pandemi ini. Ngarsa Dalem memang belum mencanangkan akan tetapi program ini pasti akan berjalan,” tuturnya.

Program Destakavid akan dicanangkan di seluruh kabupaten di DIY dan melibatkan BPBD Kota/Kabupaten, Korem, Polda, Dinkes, Kodim, Gugus Tugas Penaggulangan Covid -19, Binmas, Camat, Lurah, RW, serta RT dimasing-masing tempat pada waktu dekat ini.

Harapannya adalah masyarakat dapat memahami akan informasi terkait pandemi Covid-19 dengan benar agar tercipta kedisiplinan dalam menerapkan protokol kesehatan di segala bidang kehidupan.

“Program ini akan mampu menyiapkan masyarakat dalam menyongsong normal baru. Dengan begitu DIY bisa segera bangkit baik dari segi ekonomi, kesehatan, sosial, budaya, pendidikan dan aspek lianya yang terkait,” harap pria yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua Gugus Tugas penanganan Covid-19 DIY itu.

0 Komentar

    Kirim Komentar

    jogjastreamers

    SWARAGAMA 101.7 FM

    SWARAGAMA 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM


    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JogjaFamily 100,9 FM


    GERONIMO 106,1 FM

    GERONIMO 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM


    GCD 98,6 FM

    GCD 98,6 FM

    Radio GCD 98,6 FM



    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini