Kesehatan

Goweser Makin Ramai, Ini Imbauan Pemda DIY

Oleh : Rahman / Rabu, 01 Juli 2020 14:21
Goweser Makin Ramai, Ini Imbauan Pemda DIY
Pesepeda melintasi sejumlah ruas jalan Kota Yogyakarta (2020)-Gudeg.net/Rahman

Gudeg.net- Penggiat sepeda atau goweser di tengah pandemi terus bertambah setiap hari dan hal tersebut menjadi perhatian khusus oleh Pemerintah Daerah (Pemda) DIY.

“Akhir-akhir ini pesepeda semakin banyak terlihat disejumlah jalan protokol hingga daerah pinggiran. Dibutuhkan kehati-hatian agar tidak terjadi yang tidak diinginkan seperti kecelakaan atau lainnya,” ujar Sekretaris Daerah (Sekda) DIY Baskara Aji Kadarmanta di Kompleks Kepatihan beberapa waktu lalu.

Kadarmanta mengungkapkan, ada sejumlah berita tentang kecelakaan yang dialami pesepeda bila sedang mengayuh di jalanan. Untuk menjaga agar hal tersebut tidak terjadi, diperlukan kesadaran bersama untuk dapat saling berbagi jalur pada saat berada di jalanan.

“Bersepeda memang menjadi tren di sejumlah daerah, tidak hanya Yogyakarta. Akan tetapi tidak semua pesepeda mahir mengendalikan sepedanya, masih banyak juga yang coba-coba tapi sudah turun ke jalan raya. Harus hati-hati,” ungkapnya.

Untuk mencegah hal yang tidak diinginkan, Kadarmanta mengimbau kepada masyarakat yang sedang menggandrungi sepeda untuk dapat memilih jalur yang aman. Selain itu pesepeda juga diminta untuk menghindari jalanan yang ramai dipenuhi oleh kendaraan bermotor.

“Kebanyakan dari mereka (pesepeda) tujuannya adalah olah raga dan rekreasi, karenanya lebih baik memilih jalan atau jalur yang aman, yang tidak dipadati kendaraan,” imbaunya.

Pemda DIY dan Dinas Perhubungan DIY berencana akan membuat jalur khusus bagi peseda, tujuannya agar para goweser dapat dengan aman dan nyaman ketika sedang berada di jalanan.

Sementara itu Kepala Dishub DIY Tavip Agus Rayanto menjelaskan, pihaknya masih membahas rencana pembuatan jalur sepeda tersebut.

“Rencana ini sedang kita kaji lebih lanjut, ada berapa hal yang perlu didalami seperti desain jalur hingga regulasi aturannya. Untuk Kota Yogyakarta telah ada jalurnya, namun dengan jumlah sebegitu banyak, cukup sulit juga mengaturnya,” jelasnya, Rabu (1/7).

Para goweser juga diminta untuk dapat menerapkan protokol kesehatan pada saat hendak keluar rumah seperti memakai masker, menjaga jarak aman, membawa hand sanitizer dan terutama badan dalam kondisi sehat.

0 Komentar

    Kirim Komentar

    jogjastreamers

    SWARAGAMA 101.7 FM

    SWARAGAMA 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JogjaFamily 100,9 FM


    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM


    GERONIMO 106,1 FM

    GERONIMO 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM


    RAKOSA 105,3 FM

    RAKOSA 105,3 FM

    Rakosa 105,3 FM


    JIZ 89,5 FM

    JIZ 89,5 FM

    Jiz 89,5 FM


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini