Hero of The Day

Marcella Dee, Vokalis Jazz Multiplayer dengan Segudang Talenta

Oleh : Trida Ch Dachriza / Kamis, 06 Mei 2021 17:00
Marcella Dee, Vokalis Jazz Multiplayer dengan Segudang Talenta
Marcella Dee-Gudegnet/Trida

Gudeg.net—Usia belia tidak menjadi halangan untuk Marcella Dee berkarya dan mengaktualisasikan dirinya. Ia pertama kali menelurkan single yang ia tulis sendiri di usia 14.

Lair di Tangerang, 20 Maret 2006, ia pertama kali menyanyi saat kelas 3 sekolah dasar. Itu pun bukan menyanyi dengan serius. Ia menyanyi karena mendapat mandat dari gurunya dalam suatu pementasan resital sekolah.

Saat pindah ke Yogya di akhir tahun 2017, barulah ia menekuni menyanyi dengan serius. Sejak pindah ke Yogya, Cella, begitu ia biasa dipanggil, tidak pergi ke sekolah. Ibunya, Desi Siregar, lebih memilih home schooling untuk anaknya.

“Jadi aku dulu awal ke Yogya untuk menyibukkan diri, les, ngambil drum gitu. Akhirnya ada band itu, main lah ke mana-mana, kayak Jazz Mben Senen, nyari panggung lah,” cerita Cella saat berbincang dengan Gudegnet beberapa waktu lalu.

Cella, menurut Desi, adalah anak yang mandiri. Selain les musik dan mendukung kegiatannya, Cella belajar banyak hal secara mandiri.

Mengedit video musiknya, belajar bahasa inggris, ber-makeup, dan menulis lagu tidak pernah difasilitasi oleh Desi. “Dia belajar-belajar sendiri itu dari internet,” ceritanya.

Marcella Nur Salim, nama aslinya, pindah ke Yogya setelah ayahnya meninggal pada tahun 2016. Ibunya memilihkan kursus gitar karena Marcella tidak memiliki teman.

“Ternyata maunya main drum. Dia bilang ga mau gitar. Saya tanya, loh kenapa ga mau gitar? Dia tetap mau drum aja. Katanya (Cella), kalo ga (drum), ga usah. Pulang aja,” cerita Desi lagi.

Setelah belajar beberapa saat, Cella mengikuti perlombaan drum besutan Yamaha di tahun 2019. Ia menyabet juara pertama di perlombaan ini. Ia pun sempat menjadi drummer band rockabilly, The Jongster.

Tak ingin hanya piawai memainkan drum dan bernyanyi, dara bersuara contralto ini juga biasa memainkan bass dan saxophone.

Ia mengaku, orang yang melatih dan mengarahkannya menyukai jazz adalah Ahmad Baroni (Oni). Pak Oni, begitu dia memanggilnya.

Pak Oni memperkenalkannya kepada musisi-musisi jazz yang menjadi inspirasinya, seperti Frank Sinatra, Nat King Cole, dan Chet Baker. Pak Oni juga mengajarkannya untuk melukis untuk melepas stres.

Marcella merilis single perdananya yang ia tulis sendiri, berjudul "Dara Tak Bersayap" di Sayap Seni Omah Cepit, Bantul, Minggu (14/3/2021).


0 Komentar

    Kirim Komentar


    jogjastreamers

    SWARAGAMA 101.7 FM

    SWARAGAMA 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JogjaFamily 100,9 FM


    GERONIMO 106,1 FM

    GERONIMO 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM


    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM


    SOLORADIO 92,9 FM

    SOLORADIO 92,9 FM

    Soloradio 92,9 FM SOLO


    GCD 98,6 FM

    GCD 98,6 FM

    Radio GCD 98,6 FM


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini