Museum

Museum RS MATA Dr. YAP Yogyakarta

Jalan Cik Ditiro No. 5 Gondokusuman, Yogyakarta
Telp: +62-274-562054

Museum RS MATA Dr. YAP Yogyakarta

Ulasan

Tentang Museum RS. Mata Dr. YAP Yogyakarta:

  • Museum ini berada di dalam komplek rumah sakit mata terkenal di Kota Yogyakarta. Di dalamnya Anda dapat memahami sejarah dunia kedokteran mata di Indonesia. Seorang pemuda bernama Yap meninggalkan China negara asalnya, untuk menempuh pendidikan tinggi di jurusan kedokteran mata di Belanda. Ia percaya pada kehidupan harmony antar ras (racial harmony) dan mendirikan rumah sakit mata dengan nama Het Prinses Juliana gasthuis voor ooglijders te Djogjakarta yang diresmikan oleh Sultan Hamengku Buwana VIII.
  • Museum Rumah Sakit Mata "Dr. YAP" Yogyakarta berdiri karena banyaknya barang- barang peninggalan almarhum Dr. Yap Hong Tjoen dan DR. Yap Kie Tiong yang sudah beberapa tahun tersimpan di dalam gudang Rumah Sakit Mata Dr. Yap. Berlatar belakang dari banyaknya barang yang tidak digunakan tersebut kemudian Yayasan Rumah Sakit Mata Dr. Yap Prawirohusodo mulai memikirkan kemungkinan dibuatnya Museum Rumah Sakit Mata Dr. Yap.
  • Atas inisiatif Direksi Rumah Sakit Mata Dr. Yap (dr. Basarodin, dr. Tri Sutartin Radjiman, dr. Wasisdi Gunawan, Ignatius Rudhyanto dan J. Handoyo), Direktur RS Mata Dr Yap (dr. Tri Sutartin Radjiman) memohon ijin kepada Ketua Yayasan (dr. Soehardi) untuk membersihkan dan menata barang- barang tersebut dan sebagian buku- buku yang sudah hancur serta telah dibuang.
  • Setelah mendapat Ijin dari keluarga Dr. Yap Hong Tjoen yang berada di Negeri Belanda yaitu putra-putri Dr. Yap Hong Tjoen (Ir. Yap Kie Han dan Ir. Yap May Hwa), akhirnya museum ini resmi di buka oleh Sri Sultan Hamengkubuwono X. Walaupun demikian, museum ini belum dapat dibuka untuk umum karena keterbatasan tenaga.Museum Rumah Sakit Mata Dr. Yap  menempati areal di lingkungan Rumah Sakit Mata Dr. Yap dengan luas tanah 246 m2.

Ruangan di Museum RS. Mata Dr. YAP Yogyakarta:

  • Ruang Perpustakaan : Ruangan tersebut memuat buku-buku Bahasa, Sastra, Seni, Sejarah, Ophthalmology dan lain-lain. Jumlah keseluruhan buku yang ada sebanyak 934 judul, 939 eksemplar.
  • Ruang Tidur : Ruangan ini berisi barang-barang antik dan foto-foto keluarga Dr. Yap Hong Tjoen.
  • Ruang alat-alat makan
  • Ruang alat- alat kedokteran Ophthalmology

Sejarah dan kisah hidup Dr. Yap diabadikan di museum yang bisa Anda kunjungi ini. Anda akan menemukan beragam peralatan kedokteran mata dan juga koleksi pribadi milik Dr. Yap.

Spesifikasi Museum Dr.Yap

  • Museum Dr. Yap ini masuk dalam kategori Museum Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan

Biaya Masuk Museum:

  • Gratis

Jam Buka Museum

  • Senin - Sabtu: Pukul 09.00 - 15.00 WIB
  • Hari Minggu Tutup

Cara Menuju Lokasi

  • Dari perempatan Gramedia Jl. Jend. Sudirman Yogyakarta ke arah utara sekitar 200 meter
  • Dari perempatan tersebut Museum RS. Mata Dr. YAP terletak di kiri jalan (barat jalan)
  • Museum RS. Mata Dr. YAP terletak di dalam kompleks RS. Mata Dr. YAP

Gallery

Tempat menarik sekitarnya

Arlechinno Gelato Jogja
Wisata Kuliner

Arlechinno Gelato Jogja

Arlecchino diambil dari Bahasa Italia yang berarti badut. owner dari Archelinno memang ingin menghadirkan suasana fun di Arlecchino. [...]

Indraloka Nusantara Hotel Yogyakarta
Hotel Melati

Indraloka Nusantara Hotel Yogyakarta

Segala detail dan informasi yang Anda perlukan, bisa langsung ditanyakan pada kontak yang tertera. Gudeg.net memberikan informasi terbaru bagi Anda ya [...]

Sogul: Sop dan Gulai Ayam Yogyakarta
Tradisional

Sogul: Sop dan Gulai Ayam Yogyakarta

  Segala detail dan informasi yang Anda perlukan, bisa langsung ditanyakan pada kontak yang tertera. Gudeg.net memberikan informasi terbaru bagi Anda [...]

jogjastreamers

SWARAGAMA 101.7 FM

SWARAGAMA 101.7 FM

Swaragama 101.7 FM


JOGJAFAMILY 100,2 FM

JOGJAFAMILY 100,2 FM

JogjaFamily 100,9 FM


RETJOBUNTUNG 99.4 FM

RETJOBUNTUNG 99.4 FM

RetjoBuntung 99.4 FM



RAKOSA 105,3 FM

RAKOSA 105,3 FM

Rakosa 105,3 FM


MBS 92,7 FM

MBS 92,7 FM

MBS 92,7 FM


Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini