Desa Wisata

Desa Wisata Turgo Yogyakarta

Purwobinangun, Pakem, Sleman, Yogyakarta, Indonesia

Desa Wisata Turgo Yogyakarta

Ulasan

Desa yang ada dilereng Merapi yang tersisa dari amukan Wedhus Gembel hanyalah Turgo saja. Status ini juga menjadikan turgo menjadi kawasan desa yang paling tinggi. Jarak antara Turgo dengan Merapi hanya 7 km. Desa yang secara geografis terletak 900 dpl ini menjadikan udara disana dingin namun ngangeni. Beberapa potensi wisata yang ada diantaranya yaitu hutan pinus, kebun bambu, kebun anggrek, rumah bekas bencana awan panas, hutan bekas pemukiman, view Merapi, sungai dan foto-foto Merapi di Galeri Pondok Alam Desa.

Akses jalan yang mulus akan sangat membantu perjuangan anda menuju desa yang berjarak 26 km dari Kota Yogyakarta ini. Keramahan penduduk sekitar akan menambah kebetahan anda mengarungi hutan dan jalan setapak menuju lokasi treking.

Paket Wisata minat khusus yang bisa anda coba sangat bermacam-macam. Treking Merapi misalnya, dalam mencoba tantangan ini anda diwajibkan membawa perlengkapan yang memadai. Sepatu yang kuat, jaket pelindung agar tidak terlalu dingin saat anda naik ke atas, perlengkapan makanan dan minuman, mantel untuk antisipasi hujan dadakan dan anda harus berangkat sebelum jam 9 pagi agar suasana dan panorama indah bisa anda capture melalui kamera kesayangan.

Naik keatas tanpa binokular mungkin menjadi keterbatasan anda, namun jangan khawatir karena desa wisata Turgo juga memberikan fasilitas teropong untuk melihat binatang dari jarak jauh. Pemandu yang menemani anda akan selalu membawa P3K dan handy talkie untuk melakukan komunikasi secara terpadu. Setelah selesai treking, anda juga bisa mencoba membuat teh asli daerah Turgo. Pohon teh juga ada disana, namun tidak cuma 1 pohon saja. menurut penuturan Triyanto ada sekitar 60 jenis tanaman yang ada disana. Seperti pohon cokelat, alpukat, nangka, kopi dan lainnya.

Jika anda ingin mendapatkan harga paket servicenya, berikut ada beberapa pilihan yang bisa dijadikan acuan dalam memilih paket wisata bersama komunitas anda. ingat minimal peserta yang ikut adalah 2 orang. Paket 1 jam : aktivitas treking/pembuatan teh/ pengamatan flora & fauna/berkebun (pilih salah satu). Harga Rp. 10.000,-/orang. Paket 2 jam : treking & pengamatan flora & fauna. Harga Rp. 20.000,-/orang. Paket 4 jam: treking & pengamatan flora & fauna plus metode pembuatan teh dan melihat video erupsi Merapi. Harga Rp. 20.000,-/orang. Paket 6 jam : treking & pengamatan flora & fauna plus metode pembuatan teh dan melihat video erupsi Merapi. ditambah jarak treking yang lebih jauh. Harga Rp. 60.000,-/ orang. biaya handling pengantaran dari Yogyakarta sebesar Rp. 50.000,- untuk pengantaran ke alamat tujuan. Tidak termasuk kendaraan (bisa menggunakan kendaraan sendiri).

Sebagian besar penduduk Turgo bermata pencaharian sebagai petani dan peternak hewan. Dalam paket wisata yang ditawarkan, anda juga bisa menjadi petani sekaligus peternak sapi dadakan. Bagaimana cara menanam, cara mencari rumput dan memerah sapi juga menjadi bagian paket wisata. Untuk fasilitas, Yanto yang juga berprofesi sebagai pemandu dalam bahasa Inggris tersebut mengatakan bahwa home stay disediakan sebanyak 9 lokasi. Tarif menginap di desa wisata Turgo cukup terjangkau yaitu antara Rp 30.000,- hingga Rp 60.000,- ribu/ orang/malam dengan 3X makan. paket menginap saja tanpa disediakan makan yaitu Rp 12.500,-/orang/malam. Datang dan berkunjunglah ke desa wisata Turgo Purwobinangun Pakem Kabupaten Sleman, anda bisa melakukan konfirmasi sebelum hari pelaksanaan minimal H minus 3. Hal ini dimaksudkan untuk pengaturan jadwal dan orang yang akan memandu anda.

 

jogjastreamers

Swaragama 101.7 FM

Swaragama 101.7 FM

Swaragama 101.7 FM


Geronimo 106,1 FM

Geronimo 106,1 FM

Geronimo 106,1 FM


RetjoBuntung 99.4 FM

RetjoBuntung 99.4 FM

RetjoBuntung 99.4 FM


Radio GCD  98,6 FM

Radio GCD 98,6 FM

Radio GCD 98,6 FM


JogjaFamily 100,2 FM

JogjaFamily 100,2 FM

JogjaFamily 100,9 FM


JIZ 89,5 FM

JIZ 89,5 FM

Jiz 89,5 FM


Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini