Sejarah

Geplak

Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta

Geplak

Ulasan

Geplak adalah sebuah makanan khas dari Kota Bantul yang sudah cukup terkenal dijadikan oleh-oleh wisatawan yang berkunjung ke Yogyakarta. Geplak berbentuk bulatan-bulatan dari daging kelapa yang disajikan dengan rasa manis. Awalnya geplak yang merupakan kekayaan kuliner berasa manis ini hanya memiliki warna putih dan kelam, namun seiring dengan perkembangan jaman, olahan geplak tersebut mulai dimodifikasi dengan warna dan aroma yang bermacam-macam sehingga lebih menarik pembeli untuk mencicipinya.

Dahulu geplak sering dijadikan masyarakat sebagai makanan utama pengganti beras. Hal tersebut disebabkan karena banyaknya bahan pembuat geplak yaitu daging kelapa serta berlimpahnya lahan tebu yang diolah untuk menjadi gula di pabrik-pabrik pengolahan tebu seperti Madukismo yang masih ada sampai saat ini. Melimpahnya bahan pembuatan geplak terlebih saat musim paceklik dinama bahan makanan susah ditemukan inilah yang membuat masyarakat menjadikannya makanan pengganti beras atau nasi.

Dalam perkembangannnya saat ini makanan khas Bantul tersebut lebih dikenal oleh masyarakat sebagai oleh-oleh khas Yogyakarta dengan rasa manis. Akan lebih nikmat lagi ketika geplak dinikmati selagi masih panas. Penjual geplak saat ini banyak ditemukan dipusat oleh-oleh di Yogyakarta sebagai oleh-oleh wisatawan. Bagi wisatawan yang berkunjung ke Yogyakarta direkomendasikan juga membeli geplak dengan rasa manis sebagai alternatif oleh-oleh.

 

jogjastreamers

SWARAGAMA 101.7 FM

SWARAGAMA 101.7 FM

Swaragama 101.7 FM


GERONIMO 106,1 FM

GERONIMO 106,1 FM

Geronimo 106,1 FM


JOGJAFAMILY 100,2 FM

JOGJAFAMILY 100,2 FM

JogjaFamily 100,9 FM


RETJOBUNTUNG 99.4 FM

RETJOBUNTUNG 99.4 FM

RetjoBuntung 99.4 FM


GCD 98,6 FM

GCD 98,6 FM

Radio GCD 98,6 FM


ARGOSOSRO FM 93,2

ARGOSOSRO FM 93,2

Argososro 93,2 FM


Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini