Sejarah

Tiwul

Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta

Tiwul

Ulasan

Tiwul salah satu makanan khas yang berasal dari Gunung kidul, Yogyakarta merupakan salah satu makanan berbahan dasar singkong atau ketela pohon. Masyarakat Gunung Kidul jaman dahulu sering memanfaatkan makan ini sebagai makanan pokok pengganti nasi. Meskipun dalam perkembangannya saat ini nasi telah menjadi makanan pokok, namun Tiwul tetap dikenal sebagai makanan khas yang cukup bersejarah. Makanan ini dipercaya juga pernah digunakan sebagai makanan pokok ketika masa penjajahan Jepang.

Tiwul dibuat dari gaplek yang merupakan hasil olahan singkong yang telah dikupas dan dikeringkan. Dari pengeringan tersebut setelah diolah akan diperoleh tepung singkong yang nantinya akan diolah menjadi Tiwul. Sebagai makanan pokok, kandungan kalorinya lebih rendah daripada beras namun cukup memenuhi sebagai bahan makanan pengganti beras. Tiwul dipercaya mencegah penyakit maag, perut keroncongan, dan lain sebagainya.

Karena tidak banyak lagi masyarakat yang memanfaatkan makanan ini sebagai makanan pokok, Tiwul kemudian dikreasikan dengan berbagai bentuk dan dikembangkan sebagai  makanan yang modern. Hal ini tentu saja membuat keberadaan Tiwul tidak dilupakan justru semakin dikenal sebagai salah satu kekayaan khas di Yogyakarta khususnya di Gunung kidul. Oleh karena itu, jika Anda ingin berwisata melalui daerah Gunung Kidul, sempatkanlah waktu untuk membeli dan menikmati makanan ini. Harga untuk membeli tiwul ini relatif sangat murah karena cukup mengeluarkan uang antara Rp.5000,00 – Rp.15.000,00 Anda sudah dapat menikmati makanan dengan rasa yang manis gurih ini.

 

jogjastreamers

SWARAGAMA 101.7 FM

SWARAGAMA 101.7 FM

Swaragama 101.7 FM


RETJOBUNTUNG 99.4 FM

RETJOBUNTUNG 99.4 FM

RetjoBuntung 99.4 FM


JOGJAFAMILY 100,2 FM

JOGJAFAMILY 100,2 FM

JogjaFamily 100,9 FM


SOLORADIO 92,9 FM

SOLORADIO 92,9 FM

Soloradio 92,9 FM SOLO


GERONIMO 106,1 FM

GERONIMO 106,1 FM

Geronimo 106,1 FM


UNISI 104,5 FM

UNISI 104,5 FM

Unisi 104,5 FM


Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini