Komunitas

Save Street Child Jogja

Pohon taman Kehutanan UGM Yogyakarta, Gang Flamboyan Kotagede Yogyakarta
Telp: 085641462626 a.n Jatu Pinilih Indartono, 087712194017 a.n. Rasyid

Save Street Child Jogja

Ulasan

Apa itu Save Street Child Jogja?
Save Street Child Jogja merupakan komunitas skala daerah kota Jogja yang merupakan anak dari komunitas Save Street Child pusat yaitu di Jakarta. Komunitas ini berupaya menjadi wadah penggerak yang peduli terhadap permasalahan anak jalanan. Kegiatan yang dilakukan banyak, dengan lebih berfokus pada diseminasi dan kampanye kepedulian tentang anak jalanan. Save Street Child Jogja berusaha untuk memanusiakan mereka kembali dengan berfokus pada kegiatan-kegiatan yang bisa diikuti semua lapisan masyarakat supaya bisa bergerak bersama, misalnya event-event, dan program pemberdayaan melalui pendidikan.

Mengapa Ada Save Street Child?
Karena Indonesia masih butuh penggerak dalam melakukan perubahan untuk sekitar. Kita bisa.

Apa saja kegiatan yang bisa dilakukan?
Kegiatan-kegiatan yang bisa dilakukan adalah kegiatan-kegiatan pemberdayaan anak-anak jalanan dampingan dengan pengetahuan dan kreativitas (bermain sambil belajar), Saat ini kami mengajar di Tegalmojo dengan anak asuh kurang lebih 20 anak setiap hari rabu pukul 16.00 WIB. Dan terakhir kami mendapat kelas baru dengan anaka jalanan sekitar 15 anak yaitu di jalan Mangkubumi dekat alun-alun Yogyakarta. Selanjutnya kami juga mengadakan seminggu susu gratis yang dibagikan kepada anak-anak jalanan kota Yogyakarta serta anak-anak yang termarjinalkan dalam keluarganya

Apa fokus garapan komunitas ini?
Fokus garapan dari Save Street Child adalah anak-anak jalanan dan anak-anak marjinal (misal, anak dari kampung nelayan kumuh, kampung pemulung, dst) juga advokasi (terutama pendidikan dan kesehatan) anak-anak dan ibunya. Karena, anak-anak dan ibunya adalah suatu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan.

Apa Tujuan dibentuknya Komunitas Ini?
Tujuan dibentuknya komunitas ini bukan lantas seperti target pemerintah “Bebas Anak Jalanan” tapi lebih kearah humanisme yang seharusnya mereka dapatkan. Kualitas lebih ditekankan, dan, pergerakan kita lebih kearah konsep mikro ketimbang makro. Sehingga, fokusnya adalah per individu, karena manusia itu unik dan memiliki kebutuhan berbeda. Meskipun kecil dan mungkin tidak berdampak besar, tapi, konsistensi dan kegiatan yang memiliki fokus lebih jelas pengukurannya dan lebih menitikberatkan pada
pengembangan karakter baik dari anak-anak itu sendiri, maupun anggota komunitas ini. Proses belajar itu selalu dua arah.
Selain itu, Save Street Child Jogja dapat menjadi laboratorium pengabdian masyarakat anak-anak muda yang sadar dan peduli, serta mau beraksi untuk perubahan kecil yang mungkin akan berdampak besar. Tidak ada yang bisa memastikan keberlangsungan masa depan selain Tuhan, dan manusia berhak mengupayakan semaksimal mungkin agar tercapai masa depan yang lebih baik, secara mikro yakni memupuk harapan dari anak-anak tersebut, dan secara makro yakni menyelamatkan generasi bangsa.

Apa yang bisa dikembangkan dari komunitas ini?
Hal-hal yang bisa dikembangkan dari komunitas ini adalah karakter dari tiap anggota dan anak-anak jalanan yang diperhatikan bersama. Pengetahuan akan kondisi sosial dan demografis masyarakat sekitar (tiap kota berbeda tentunya), pemahaman dan praktek advokasi untuk anak-anak dan orang- orang marjinal. Jaringan antarlembaga, antartokoh dan antarmasyarakat yang luas. Serta program-program dan kegiatan-kegiatan yang mendukung tercapainya tujuan bersama dalam lingkup daerah kota Yogyakarta.

Komunitas ini sekarang di koordinatori oleh @arga aditya
Tempat rutin Gathering : Di pohon taman Kehutanan UGM Yogyakarta setiap Minggu pukul 10.00 WIB-selesei
Beralamat : Gang Flamboyan Kota Gedhe Yogyakarta
Contact:
Facebook ( Save Street Child Jogja )
Twitter ( @Sschildjogja )
Tumblr ( Sschildjogja.tumblr.com )
Humas ( @jatu pinilih indartono/ 085641462626/ rasyid 087712194017 )

Logo SSC Jogja:
Arti Logo:
Arti logo Save Street Child adalah Save Street Child berusaha untuk memberikan rasa aman dan keceriaan dalam perbedaan.

jogjastreamers

GCD 98,6 FM

GCD 98,6 FM

Radio GCD 98,6 FM


Geronimo 106,1 FM

Geronimo 106,1 FM

Geronimo 106,1 FM


JIZ 89,5 FM

JIZ 89,5 FM

Jiz 89,5 FM


Swaragama 101.7 FM

Swaragama 101.7 FM

Swaragama 101.7 FM


RetjoBuntung 99.4 FM

RetjoBuntung 99.4 FM

RetjoBuntung 99.4 FM


JogjaFamily 100,2 FM

JogjaFamily 100,2 FM

JogjaFamily 100,9 FM


Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini