Situs Seni & Budaya

Klenteng Poncowinatan

Jl. Poncowinatan 16 Yogyakarta

Klenteng Poncowinatan

Ulasan

Tentang Klenteng Poncowinatan

Klenteng Kwan Tee Kiong atau lebih dikenal dengan Klenteng Poncowinatan dibangun oleh etnis Tionghoa pada tahun 1879 M. Tanahnya merupakan hibah dari Sultan Hamengku Buwono VIII. Klenteng ini menghadap ke selatan, dimaksudkan untuk menghormati Kraton Yogyakarta.

 

Sebagai klenteng tertua di Yogyakarta, klenteng ini dilengkapi dengan fasilitas pendidikan, yaitu Sekolah Dasar Tionghoa modern pertama bernama Sekolah Tiong Hoa Hak Tong yang didirikan oleh Tiong Hoa Hwee Koan (THHK) yang didirikan tahun 1907. Sekolah ini berada di sebelah barat klenteng yang saat ini digunakan sebagai Sekolah Budya Wacana. 

 

Kompleks Klenteng terdiri atas beberapa bangunan, yaitu: Bagian tengah merupakan bangunan utama, digunakan untuk pemujaan yang terdiri dari beberapa ruang, yaitu Ruang Suci Utama yang dikelilingi ruang pemujaan lainnya, dan ruangan yang digunakan sebagai gudang dan ruang untuk tempat tinggal penjaga. Bangunan Klenteng berdenah persegi panjang, pada sudut-sudut atap melengkung ke atas, dihiasi dengan hiasan naga.

Pada ruang suci utama terdapat patung Kwan Tie Koen. Selain itu di ruang ini juga terdapat bedug dan lonceng serta alat perlengkapan ibadah lainnya. Di sebelah timur ruang suci utama terdapat ruang pemujaan yang berisi patung Fuk Tek Cen Sen. Di sebelah utara ruang suci utama (belakang) terdapat ruang pemujaan yang berisi patung dewi Kwan Im (tengah), ruang pemujaan Sidharta Budha Gautama (kanan) dan ruang pemujaan Manjusri Bodhisatwa (kiri).

Bagian barat berdiri bangunan yang dipakai untuk pendidikan. Terdiri dari ruang-ruang kelas, ruang guru yang digabung dan berbentuk bangunan-bangunan persegi panjang. Pada sudut-sudut atap melengkung ke atas. Bagian timur merupakan lapangan terbuka untuk kegiatan latihan fisik, kung fu, dan lain-lain.

Ketiga fasilitas tersebut merupakan "Pengejawantahan" dari makna Klenteng, dimana kata Klenteng berasal dari kata Tionghoa yaitu Kauw (pendidikan/belajar), Lang (orang/manusia) dan Teng (tempat/bangunan). Sehingga secara keseluruhan Klenteng (Kauw Lang Teng) mempunyai makna "Tempat Orang Belajar".

 

 

 

Tempat menarik sekitarnya

Mampang Travel
Travel Agent & Rental

Mampang Travel

Segala detail dan informasi yang Anda perlukan, bisa langsung ditanyakan pada kontak yang tertera. Gudeg.net memberikan informasi terbaru bagi And [...]

POP! Hotel Sangaji Yogyakarta
Hotel Bintang Dua

POP! Hotel Sangaji Yogyakarta

Pop! Hotels Sangaji merupakan hotel yang nyaman dan murah sera terletak di pusat kota Yogyakarta. Hanya 5 menit ke selatan untuk mencapai Malioboro, Stasiun Tugu, Pasar Beringharjo, dan Kraton Yogyakarta. Selain itu, Pop! Hotels Sangaji juga sangat dekat dengan landmark Yogyakarta yaitu Tugu Jogja. [...]

jogjastreamers

ARGOSOSRO FM 93,2

ARGOSOSRO FM 93,2

Argososro 93,2 FM


MBS 92,7 FM

MBS 92,7 FM

MBS 92,7 FM


RETJOBUNTUNG 99.4 FM

RETJOBUNTUNG 99.4 FM

RetjoBuntung 99.4 FM


UNISI 104,5 FM

UNISI 104,5 FM

Unisi 104,5 FM


JOGJAFAMILY 100,2 FM

JOGJAFAMILY 100,2 FM

JogjaFamily 100,9 FM


SWARA KENANGA 100.1 FM

SWARA KENANGA 100.1 FM

Purworejo - FM 100.1 MHz


Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini