Seniman & Budayawan

Ali Umar

Yogyakarta INDONESIA

Ali Umar

Ulasan

Dunia seni mulai dikenalinya secara akademik ketika Umar memasuki SMSR, walau sebenarnya Umar sudah melukis semenjak SD hingga SMP. Umar mulai semakin yakin akan pilihannya untuk meneruskan study seni rupa, hali ini didorong oleh kesannya pada saat Umar kenal seorang guru SMSR yang kebetulan PKL di SMP nya. Hingga jadilah dia memasuki SMSR dengan pilihan seni patung karena Umar terkesan ketika melihat kakak kelasnya yang begitu asik membuat karya-karya patung.

Umar lantas memasuki FSRD di pada tahun 1987 dengan mengambil jurusan seni patung, Umar pernah melakukan terobosan gaya patung karena saat seni patung waktu itu banyak yang bergaya figuratif cukup dominan, dari sisi bisa dilihat sebenarnya bagaimana sikap ini merupakan karakter yang mendasari keseni rupaan Umar dalam membuat karya seni patung yang berbeda dengan yang lain.

Pameran secara tunggal, bersama sams bahkan seni eksperimental aktif diikuti oleh Umar. Pada saat Bienal Yogyakarta diselenggarakan, Umar memamerkan karya patungnya secara tunggal pada event rtersebut yang merupakan oposisi event dari Bienal seni rupa pada waktu itu.

Karya-karya Umar memperlihatkan sikap pribadi Umar yang sangat peka pada realitas seksual, aktual diluar dirinya. Ini diperlihatkan pada beberapa karuyanya yang dilekatkan dan dibuat secara elementer dan simbolis pada karya-karyanya. Bagi Umar melihat realitas diluar dirinya adalah derngan suatu penyikapan yang bisa menghasilkan makna banyak pada karyanya.

Suatu sikap idealisme alam berkarya bagi Umar adalah agama, yaitu hal yang harus dijalankanny, adat-istiadat yang membentuk kepribadiannya dan hal lain seca teknis adalah kedisiplinan. Karya Umar mempunyai estetika yang personal, tetapi juga ada sikap komunalnya, yaitu perhatiannya pada hal-hal diluar dirinya, khususnya peristiwa yang dianggapnya mewakili pesan-pesan dalam karyanya.

jogjastreamers

SWARAGAMA 101.7 FM

SWARAGAMA 101.7 FM

Swaragama 101.7 FM


JOGJAFAMILY 100,2 FM

JOGJAFAMILY 100,2 FM

JogjaFamily 100,9 FM


RETJOBUNTUNG 99.4 FM

RETJOBUNTUNG 99.4 FM

RetjoBuntung 99.4 FM


GERONIMO 106,1 FM

GERONIMO 106,1 FM

Geronimo 106,1 FM


RAKOSA 105,3 FM

RAKOSA 105,3 FM

Rakosa 105,3 FM


SOLORADIO 92,9 FM

SOLORADIO 92,9 FM

Soloradio 92,9 FM SOLO


Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini