Seni & Budaya

Mantap, Ada Kolaborasi Macapat dan Koreografi Goro-goro Diponegoro di Tembi Rumah Budaya

Oleh : Budi W / Senin, 04 September 2017 16:58
Mantap, Ada Kolaborasi Macapat dan Koreografi Goro-goro Diponegoro di Tembi Rumah Budaya
Paksi Raras Alit (paling kanan) tengah berlatih bersama Kelompok Seni Mantradisi


www.gudeg.net, Yogyakarta - Kinanti Sekar Rahina, Mantradisi dan sejumlah seniman lain bakal berkolaborasi dalam pertunjukan musik macapat, Goro-goro Diponegoro. Acara yang berlangsung 14 September 2017 itu bakal diselenggarakan di Ampi Teater Tembi Rumah Budaya. 

Menurut Paksi Raras Alit yang ditemui Tim Gudegnet di KPY mengatakan, kolaborasi ini lahir karena ia yang menulis naskah Goro-goro Diponegoro. Ia mengaku cukup tergerak untuk membuat pertunjukan macapat. "Waktu itu tahun 2009 saat saya ikut Kuaetnika ditantang oleh Pak Djaduk Ferianto untuk membuat sebuah karya yang sesuai dengan jurusan kuliah saya. Karena saya kuliah dijurusan Bahasa Jawa inilah kemudian dari masukan-masukan itu mencoba untuk merealisasikan ide dari Pak Djaduk tersebut," katanya.

Baru setelah lama melalui proses perenungan yang panjang, Paksi mencoba untuk membaca banyak literatur Babad Diponogoro. "Sempat juga saya memohon izin ke Peter Carey yang membuat buku tersebut melalui akun Facebook, setelah mendapat izin, akhirnya saya mulai mencari Mas Bagas," katanya

Proses komunikasi dengan Bagas berlangsung semenjak awal Mei 2017 hingga akhirnya ketemu sebuah konsep yang matang. Dilokasi yang sama, Bagas, suami dari Kinanti Sekar Rahina yang menjadi perwakilan sekaligus media relation pada event ini mengatakan, Sekar akan berperan sebagai Ratnaningsih, selir Diponegoro.

"Kebetulan saya mewakili Sekar karena saat ini sedang di luar negeri. Jadi nanti dia akan berperan sebagai selir Diponogoro," katanya.

Proses pembuatan koreografi sendiri diakui Bagas memang membutuhkan waktu yang tidak singkat. Pasalnya, koreo yang dipersembahkan harus sesuai dengan naskah yang akan ditampilkan pada pertunjukan itu. "Mengingat waktu yang terbatas, maka untuk latihan kolaborasi dijadwalkan sebanyak 11 kali. Memang cukup memakan waktu karena kami harus lebih detil mengingat kolaborator yang banyak," katanya.

Secara umum, Goro-goro Diponegoro akan dimulai pada jam 19.30 dan akan berlangsung selama 1.5 jam di Ampi Teater Tembi Rumah Budaya, Jl. Parangtritis Km 8.4, Timbulharjo, Pendowoharjo, Sewon, Bantul. Reservasi tiket dapat menghubungi Bagas di 0812 2800 2213.  

0 Komentar

    Kirim Komentar

    jogjastreamers

    SWARAGAMA 101.7 FM

    SWARAGAMA 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    GERONIMO 106,1 FM

    GERONIMO 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM


    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JogjaFamily 100,9 FM


    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM


    GCD 98,6 FM

    GCD 98,6 FM

    Radio GCD 98,6 FM


    ARGOSOSRO FM 93,2

    ARGOSOSRO FM 93,2

    Argososro 93,2 FM


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini