Tips Hari Ini

Menjinakkan Stress di Tempat Kerja

Oleh : Admin / Rabu, 10 Januari 2018 17:00
Menjinakkan Stress di Tempat Kerja
Ilustrasi stress di tempat kerja-Gudegnet/Trida

 

www.gudeg.net, Yogyakarta - Stress di tempat kerja merupakan hal yang lumrah terjadi. Tekanan bisa datang dari mana saja. Entah itu beban kerja, tingkat kepuasan, hubungan dengan atasan maupun rekan kerja, atau bahkan kurangnya dukungan dari keluarga atau orang terdekat. Stress jika tidak ditangani segera, bisa jadi berlanjut pada depresi.

Sulit untuk menghindari stress di tempat kerja sepenuhnya. Namun, ada beberapa hal sederhana yang dapat kita lakukan untuk membantu mengurangi tekanan yang kita alami.

#1 Gunakan tangan yang berbeda

Coba gunakan tangan non-dominan. Jika kita terbiasa menggunakan tangan kanan untuk melakukan banyak hal, berarti tangan non-dominan kita adalah tangan kiri. Hal yang sederhana saja, memakai telepon, mengangkat mug, atau membawa sesuatu misalnya.

Premisnya sederhana, kita menggunakan tangan dominan tanpa berpikir dua kali. Semua terjadi semi-otomatis. Dengan menggunakan tangan non-dominan, membuat kita lebih hati-hati dan memperhatikan, seolah ini adalah pengalaman baru. Sehingga kita tidak grusah-grusuh dan menambah keruwetan pikiran.

#2 Serap seperti spons

Saat kita menghadiri rapat, jangan gunakan laptop atau notebook/netbook, jangan mencatat, jangan merumuskan tanggapan dalam kepala. Benar-benar fokus dan dengarkan kata-kata mereka. Jika takut lupa, rekam saja di smartphone.

Untuk mendengarkan se-atentif ini, dibutuhkan fokus dan perhatian yang tinggi. Dengan cara ini, kita bisa lebih memahami isi perintah/permintaan.

#3 Berhenti dan dengarkan

Saat makan siang, coba menjauh dulu dari hiruk pikuk percakapan rekan kerja. Terutama jika yang dibicarakan adalah pekerjaan. Dengarkan suara sekitar tanpa memikirkan asal suara dari mana. Dengarkan saja bunyi-bunyian itu.

#4 Perhatikan postur

Postur badan dan fokus bertautan. Bila rasa kantuk mulai menyerang, kita akan mulai kehilangan fokus, postur tubuh akan memburuk juga. Dengan memperbaiki postur tubuh, kita akan meningkatkan fokus dan ‘memaksa’ diri untuk kembali ke pekerjaan kita.

#5 Tidur dan makan

Walaupun pekerjaan menumpuk, jangan lupa untuk makan dan tidur yang cukup. Pola makan yang sehat dan tidur yang cukup sangat mempengaruhi tingkat stress kita.

#6 Bicara pada seseorang

Berbicara pada bagian personalia atau supervisor bisa jadi membantu mengurangi tingkat stress, dengan meminta untuk sementara mengurangi beban kerja. Kita bisa juga berbicara pada sesorang yang kita rasa nyaman. Dengan cara ini, kita bisa menemukan sumber stress yang mungkin bisa kita atasi.

 

*dari berbagai sumber

0 Komentar

    Kirim Komentar

    jogjastreamers

    Swaragama 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    RetjoBuntung 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM


    Radio GCD  98,6 FM

    Radio GCD 98,6 FM

    Radio GCD 98,6 FM


    Geronimo 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM


    JIZ 89,5 FM

    JIZ 89,5 FM

    Jiz 89,5 FM


    Argososro 93,2 FM

    Argososro 93,2 FM

    Argososro 93,2 FM


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini