Seni & Budaya

Disbud DIY Danai Produksi Film Pendek

Oleh : Karni N / Kamis, 11 Januari 2018 11:00
Disbud DIY Danai Produksi Film Pendek
Jumpa pers Disbud (10/01)

 

www.gudeg.net, Yogyakarta - Melihat perkembangan dunia perfilman yang terus bertambah peminatnya dan berdampak pada naiknya kunjungan wisatawan di DIY hingga 400 persen di dua tahun terakhir ini, membuat Dinas Kebudayaan DIY kembali mengadakan kegiatan pendanaan pembuatan film 2018.

Dinas Kebudayaan DIY tahun ini kembali membuka kesempatan bagi para filmmaker untuk mengembangkan karyanya dengan ikut berkompetisi memproduksi film pendek dengan berlatar belakang dinamika kebudayaan di DIY. Dengan pendanaan dari Dinas Kebudayaan DIY.

Hal ini tercetus karena film merupakan jendela suatu daerah dilihat dari berbagai potensi. Selain itu, di Jogja juga terdapat aktifitas perfilman seperti Jogja-Netpac Asian Film Festival yang melibatkan beberapa negara dan masuk sebagai 100 event besar di Indonesia.

Umar Priyono selaku Kepala Dinas Kebudayaan DIY berharap, “tidak sekedar kreatifitas yang muncul, namun bagaimana kita menyikapi sifat kearifan yang ada.”

“Diharapkan pula dengan adanya film fiksi dan film dokumenter ini bisa menjadi refleksi  atau cerminan dari potensi atau khasanah yang ada di Jogja. Dengan wujud film yang pantas dinikmati dan filmmaker sebagai pihak yang meng - engine,” tuturnya lebih lanjut.

Tahun ini tidak ada penambahan volume namun ada penambahan anggaran dari Disbud . Total film yang akan dipilih sebanyak 7 film pendek  dengan durasi 24 – 40 menit yang terdiri dari 5 film fiksi dan 2 film dokumenter dengan berlatar belakang dinamika kebudayaan di DIY. Untuk film fiksi akan mendapatkan pendanaan sebesar 198 juta rupiah dan 170 juta rupiah untuk film dokumenter.

Seluruh proposal yang masuk akan memasuki beberapa tahap seleksi, mulai dari seleksi administrasi hingga kemudian akan dipilih 15 proposal yang akan maju ke tahap presentasi atau pitching proposal. Setelah masuk di tahap presentasi, tim kurator akan memilih 7 proposal film pendek yang terdiri dari 5 proposal film fiksi dan 2 proposal flm dokumenter untuk mendapatkan pendanaan pembuatan film.

Pengiriman proposal paling lambat diterima tanggal 15 Februari 2018 (cap pos) dan untuk tahap seleksi akan dilaksanakan pada tanggal 12 Maret 2018. Proposal soft copy dikirim ke email film.disbuddiy@gmail.com

Kamu yang berminat bisa mengajukan proposal ke seksi perfilman Dinas Kebudayaan DIY di Jalan Cendana no.11 Yogyakarta. Untuk keterangan lebih lanjut dan formulir bisa diunduh di www.jogjafilm.com.

 

0 Komentar

    Kirim Komentar

    jogjastreamers

    Swaragama 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    RetjoBuntung 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM


    Geronimo 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM


    JIZ 89,5 FM

    JIZ 89,5 FM

    Jiz 89,5 FM


    Radio GCD  98,6 FM

    Radio GCD 98,6 FM

    Radio GCD 98,6 FM


    SoloRadio 92,9 FM

    SoloRadio 92,9 FM

    Soloradio 92,9 FM SOLO


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini