Seni & Budaya

Medium at Play, Pameran Seni Rupa dengan Berbagai Media

Oleh : Wirawan Kuncorojati / Kamis, 07 Juni 2018 11:00
Medium at Play, Pameran Seni Rupa dengan Berbagai Media
Pameran Medium at Play di Galeri Gajah - Gudegnet/ Wirawan Kuncorojati

www.gudeg.net, Yogyakarta - Galeri Gajah yang berlokasi di Jalan Keloran, Komplek Pertokoan Aruna Rt 004 Tirtonirmolo, Kasihan, Bantul menggelar pameran bertajuk Medium @ Play. Sesuai tajuk pameran, seniman yang semuanya perempuan ini mengeksplorasi berbagai material dalam berkarya.

Seniman yang terlibat antara lain Arahmaiani Feisal, Ayu Arista Murti, Fika Ria Santika, Loli Rusman, IGAK Murniasih, Octora Chan, Tisa Granicia dan XXLab.

Mulai dari batang korek api, lukisan, sulaman, silkscreen, akrilik, dan yang lain menjadi media para seniman. Seperti karya Arahmainani Feisal yang berjudul “Burning Country”. Dalam karya ini batang korek api disusun sedemikian rupa sehingga menjadi bentuk kepulauan Indonesia. Di atasnya, tergantung pakaian kebaya berwarna putih.

Arahmainani juga memajang karya lukisan berjudul Grey Series (Dua Beringin #4), juga karya sulaman berjudul Concept Trap. Seniman lain, Ayu Arista Murti memajang karya berjudul Box of Love. Karya ini antara lain dibuat dari arang, lampu neon yang berada dalam sebuah box.

Karya-karya dalam pameran ini mengangkat tentang perempuan dan feminism. Namun begitu, ada pula yang menuangkan kehidupam sehari-harinya dalam sebuah lukisan. Seperti karya “Loli, Kalipucang vs Kaliurang” karya Loli Rusman. Loli menuangkan kesehariannya beraktivitas dari tempat tinggalnya di Kasongan, menuju tempatnya bekerja di daerah Kaliurang dalam lukisan abstrak.

“Temanya sendiri ‘kan Medium at Play, jadi bermain dengan media. Meskipun beberapa ada karya lama, tapi karena ini temanya tentang perempuan, dan bermain dengan berbagai media kupikir cukup berbeda dengan pameran lain,” kata Trien Afriza, bagian operasional galeri.

Pameran yang melibatkan kurator Dr. Wulan Dirgantoro dan Jason Lim ini masih berlangsung hingga 30 Juni 2018.

 

0 Komentar

    Kirim Komentar

    jogjastreamers

    SWARAGAMA 101.7 FM

    SWARAGAMA 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    GCD 98,6 FM

    GCD 98,6 FM

    Radio GCD 98,6 FM


    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM


    GERONIMO 106,1 FM

    GERONIMO 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM


    I-RADIO 88.7 FM YOGYAKARTA

    I-RADIO 88.7 FM YOGYAKARTA

    100% Musik Indonesia, Cinta Musik Indonesia.


    MBS 92,7 FM

    MBS 92,7 FM

    MBS 92,7 FM


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini