Hiburan

Perayaan Pasar Malam Sekaten Resmi Dibuka

Oleh : Rahman / Jumat, 02 November 2018 17:46
Perayaan Pasar Malam Sekaten Resmi Dibuka
KGPAA Paku Alam X didampingi Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi Membuka Pasar Perayaan Sekaten di Alun-alun Utara Kraton,(2/11),Gudeg.net/Rahman

 

Gudeg.net- Pembukaan Pasar Malam Perayaan Sekaten (PMPS) dibuka oleh Wakil Gubernur DIY Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Aryo (KGPAA) Paku Alam X dan Wakil Walikota Heroe Poerwadi pada jumat,(2/11). Pembukaan PMPS ditandai dengan pemukulan kenong sebanyak tiga kali oleh Paku Alam X dan dilanjutkan dengan pemotongan pita.

Dalam pembukaannya Wakil Gubernur DIY Paku Alam X mengatakan," Sekaten sudah mengalami perubahan transformasi namun tradisi tersebut telah menjadi peristiwa budaya yang turut menentukan keistimewaan Yogyakarta," ujar Paku Alam X.

Perayaan Sekaten yang pada tahun ini digelar dari 2-19 November 2018 dan tetap menyelaraskan sektor ekonomi,budaya dan religi. Dan perayaan sekaten juga merupakan salahsatu daya tarik pariwisata yang dapat menyerap pengunjung baik dari dalam maupun luar Kota Jogjakarta.

Sekaten merupakan tempat dimana transaksi ekonomi rakyat berpadu dengan budaya. Karena tradisi sekaten ini  juga sebagai sarana penampilan kesenian yang akan diselenggarakan di panggung utama arena PMPS. 

Pada tahun ini penyedian stand sebanyak 514 cukup meningkat dari tahun lalu yang hanya 486 stand. Stand sekaten tetap didominasi oleh pakaian,kuliner dan wahana permainan.

" Target pendapatan perayaan sekaten tahun ini cukup meningkat dari tahun lalu yaitu sekitar 1 milyard karena dilihat dari bertambahnya jumlah stand yang disewakan dari tahun ke tahun," ungkap Wakil Walikota Heroe Poerwadi saat membuka PMPS.

Dengan singkatnya gelaran perayaan sekaten tahun ini diharapkan para penyewa stand tetap optimis dengan hasil yang akan didapat. 

“ Sekaten juga diharapkan tetap menjaga nuansa kebudayaan walaupun sebagai ajang promosi perdagangan dan meningkatkan sektor pariwisata,” tegas Paku Alam X.

0 Komentar

    Kirim Komentar

    jogjastreamers

    Swaragama 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    RetjoBuntung 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM


    Radio GCD  98,6 FM

    Radio GCD 98,6 FM

    Radio GCD 98,6 FM


    Geronimo 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM


    JIZ 89,5 FM

    JIZ 89,5 FM

    Jiz 89,5 FM


    Star Jogja 101,3 FM

    Star Jogja 101,3 FM

    Radio Star Jogja 101,3 FM Yogyakarta


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini