Layanan Umum

Jembatan Muja Muju Akan Dibongkar

Oleh : Wirawan Kuncorojati / Kamis, 16 Mei 2019 12:00
Jembatan Muja Muju Akan Dibongkar
Jembatan Muja Muju-Gudegnet/ Wirawan Kuncorojati

Gudegnet - Pemerintah Kota Yogyakarta akan membangun ulang atau melakukan penggantian Jembatan Muja Muju sisi selatan. Penggantian jembatan saat ini sedang dalam tahap persiapan pembongkaran. Hal ini disampaikan Kepala Bidang Binamarga Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPKP) Kota Yogyakarta, Umi Akhsanti

“Saat ini kita sedang tahap persiapan, baik dari administrasi maupun penyiapan, pemesanan bahan-bahan. Jadi untuk tahap awal ini kita baru persiapan bongkar jembatan lama,” ucap Umi ketika dihubungi Gudegnet Kamis (16/5).

Ia menambahkan, pihaknya melakukan persiapan dan koordinasi dengan instansi-instansi yang memiliki di jembatan yang terletak tak jauh dari Kebun Binatang Gembira Loka tersebut, seperti PDAM dan juga Telkom.

Saat ini tengah dilakukan pengerjaan untuk penggeseran utilitas tersebut. “Kita koordinasi dengan pemilik-pemilik utilitas, sehingga pemilik-pemilik utilitas ini sudah mulai melakukan penggeseran utilitas milik mereka,” katanya.

“Minggu depan mulai pembongkaran,” ucapnya. Umi mengatakan, pengerjaan ini tidak mengganggu lalu lintas, karena jembatan yang dikerjakan sudah lama ditutup dan tidak dilewati.

Alat berat dan material juga diusahakan didatangkan pada malam hari, sehingga tidak mengganggu lalu lintas.

Ia menambahkan, rekayasa lalu lintas nantinya akan diberlakukan untuk kendaraan berat, agar selama penggantian jembatan dialihkan, tidak melewati jembatan sisi utara.

Hal ini karena pada saat penggalian dan penggantian pondasi utama, mau tidak mau juga akan mengganggu struktur.

“Tapi kalau kendaraan biasa nggak masalah. Kendaraan berat misalnya container, truk, nanti akan kita koordinasi dengan Dinas Perhubungan supaya tidak lewat sana dulu,” tuturnya.   

Selain jembatan yang sudah ditutup sejak tahun 2015 tersebut, rencananya jembatan sisi utara juga akan diganti karena memang umur konstruksi yang sudah cukup tua.

Untuk waktu penggantian jembatan sisi utara ia belum dapat memastikan, namun ia memperkirakan sekitar dua atau tiga tahun lagi.

Dalam pengerjaan kedua jembatan ini, jalan tidak ditutup. Pembongkaran jembatan sisi utara nantinya akan dilakukan setelah jembatan sisi selatan selesai dikerjakan dan bisa digunakan.

0 Komentar

    Kirim Komentar

    jogjastreamers

    SWARAGAMA 101.7 FM

    SWARAGAMA 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM


    GERONIMO 106,1 FM

    GERONIMO 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM


    JIZ 89,5 FM

    JIZ 89,5 FM

    Jiz 89,5 FM


    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JogjaFamily 100,9 FM


    GCD 98,6 FM

    GCD 98,6 FM

    Radio GCD 98,6 FM


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini