Sosial Ekonomi

Peduli Sosial, Komunitas Sego Mubeng Bagikan 250 Nasbung

Oleh : Rahman / Rabu, 29 April 2020 18:48
Peduli Sosial, Komunitas Sego Mubeng Bagikan 250 Nasbung
Seorang anggota Komunitas Sego Mubeng Yogyakarta memegang nasi bungkus dan air mineral saat menggelar asi sosial di Geraja St Antonius Kotabaru Yogyakarta, Rabu (29/4)Gudeg.net/Rahman

Gudeg.net- Kepedulian sosial di tengah pandemi Covid-19 terus digulirkan oleh masyarakat, salah satunya oleh Komunitas Sego Mubeng Yogyakarta.

Aksi kepedulian sosial dalam bentuk berbagi nasi bungkus ini dilakukan di sekitar Gereja St Antonius Kotabaru Yogyakarta.

Komunitas yang terdiri dari sejumlah warga lintas agama ini membagikan sedikitnya 250 nasi bungkus dan air mineral kepada warga yang berada di sekitar Kotabaru.

Romo Kepala Paroki Gereja St Antonius Kotabaru Maharsono Probho mengatakan, kegiatan berbagi nasi bungkus ini sebagai bentuk aksi kepedulian ditengah wabah virus corona di Yogyakarta.

“Disini kita sama-sama menyalurkan rasa kepedulian dengan berbgai kepada warga atau saudara kita yang lebih membutuhkan pertolongan terutama di saat pandemi sekarang ini,” ujar Romo Maharsono Probho di Kotabaru, Rabu (29/4).

Romo Maharsono menjelaskan, saat pandemi seperti sekarang ini banyak warga yang mengalami kesulitan, baik ekonomi maupun sosial. Oleh karenannya aksi berbagi nasi bungkus ini di tujukan bagi seluruh warga dari berbagai kalangan.

“Berbagi ini tidak membeda-bedakan, siapa saja boleh, dari agama apa saja silahkan. Namun memang kita utamakan bagi warga yang kurang mampu. Terlebih untuk umat muslim yang sedang menjalankan ibadah puasa,” jelasnya.

Untuk bahan nasi bungkus sendiri Romo Maharsono mengungkapkan, berasal dari sejumlah umat beragama seperti Islam, komunitas mahasiswa dan warga lainnya. Mereka saling bahu membahu mengumpulkan dan menyalurkan bantuan ini.

“Kami juga menerima donasi dari sejumlah warga yang mampu, ada yang berupa makanan jadi ataupun bentuk lainnya. Ya memang hanya saja bagikannya di sekitar gereja sini, namun ini adalah aksi sosial bersama seluruh umat beragama,” ungkapnya.

Aksi sosial berbagi nasi ini ini rencananya akan dilakukan secara berkelanjutan selama pandemi covid-19 melanda Yogyakarta.

Romo Maharsno berharap, dengan aksi berbagi ini dapat membantu dalam meringankan beban warga yang saat ini mengalami dampak dari penyebaran virus corona.

“Kita semua memang terdampak dari Covid ini, namun masih banyak yag lebih membutuhkannya. Karenanya mastilah kita sama-sama saling membantu, gotong royong dalam menghadapi pandei ini dan semoga bermanfaat,” harapnya.

Aksi yang dimulai pada pukul 16.30 WIB ini cukup menjadi perhatian warga, salah satunya Suwardi seorang pengemudi ojek online yang biasa mangkal di daerah Kotabaru.

“Saya sedang muter tadi dan di info teman lainnya ada pembagian nasi bungkus jadi saya langsung kesini. Lumayan untuk makan sore mas, lagi sepi soalnya,” tuturnya sambil memegang erat nasi bungkus.

Suwardi mengatakan, sejak pandemi covid-19 melanda Yogyakarta, ia dan teman-teman seprofesinya pengalami penurunan pendapatan.

“Sekarang sepi mas, sehari dapat 4 orderan saja sudah untung. Kalau dulu, sore gini, saya sudah bisa pulang bawa uang lumayan. Tapi yang penting bisa bertahan dulu dan semoga coronanya cepat selesai,” kata dia.

0 Komentar

    Kirim Komentar

    jogjastreamers

    SWARAGAMA 101.7 FM

    SWARAGAMA 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JogjaFamily 100,9 FM


    GERONIMO 106,1 FM

    GERONIMO 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM


    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM


    JIZ 89,5 FM

    JIZ 89,5 FM

    Jiz 89,5 FM


    UNISI 104,5 FM

    UNISI 104,5 FM

    Unisi 104,5 FM


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini