Berita

Besok Jumat, Pemkot Tutup Tiga Pasar Tradisional

Oleh : Rahman / Kamis, 14 Mei 2020 12:00
Besok Jumat, Pemkot Tutup Tiga Pasar Tradisional
Petugas BPBD DIY melakukan penyemprotan disinfektan di sepanjang pedestrian Malioboro (2020)Gudeg.net/Rahman

Gudeg.net- Pemerintah Kota Yogyakarta berencana akan menutup tiga pasar tradisional untuk melakukan penyemprotan disinfektan berskala besar pada Jumat (15/5) besok. Tiga pasar tradisional yang dimaksud adalah Pasar Demangan, Pasar Kotagede dan Pasar Gedong Kuning.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Yogyakarta Yunianto Dwi Sutono mengatakan, penyemprotan disinfektan ini guna mencegah penyebaran virus corona pada area publik.

“Nantinya ketiga pasar utama tersebut akan ditutup satu hari penuh mulai dari pagi hari dan otomatis seluruh aktifitas pasar dihentikan sementara,” ujar Yunianto Dwi Sutono, Kamis (14/5).

Yunianto menjelaskan, pemilihan tiga pasar tersebut dengan alasan karena masuk dalam wilayah perbatasan kota dengan sejumlah kabupaten. Penyemprotan akan dilakukan secara menyeluruh dan akan menyasar setiap sudut pasar.

“Kami meminta pedagang dan masyarakat untuk dapat memakluminya. Kegiatan ini dilakukan untuk menjaga keamanan dan pencegahan dari penyebaran Covid-19 di Kota Yogyakarta,” jelasnya.

Rencananya pihak Pemkot Yogyakarta akan menggandeng Dinas Pemadam Kebakaran Kota dalam kegiatan penyemprotan.

Pemberitahuan sekaligus sosialisasi akan adanya penyemprotan telah dilakukan sejak beberapa hari lalu melalui radio pasar maupun pemberitahuan secara langsung kepada pedagang.

Menurut Yunianto, untuk mencegah meluasnya penyebaran Covid-19, Pemkot telah menerapkan protokol kesehatan secara ketat pada pasar tradisional yang masuk dalam wilayahnya.

“Protokol kesehatan itu wajib dilakukan semua orang yang bersentuhan langsung dengan pasar baik pedagang, pengunjung dan lainnya. Kami juga telah menyiapkan wastafel cuci tangan pada pintu-pintu masuk pasar,” tuturnya.

Pihak Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Pemkot dikerahkan untuk membantu mengingatkan warga agar patuh pada protokol kesehatan.

“Warga harus menerapkan protokol kesehatan, tidak hanya saat berada di pasar namun pada setiap aktifitas di luar rumah,” tegas Yunianto.

Selain itu Pemkot juga mengimbau agar seluruh warga Kota Yogyakarta untuk tetap berada di rumah dan hindari kegiatan yang menimbulkan kerumunan.

0 Komentar

    Kirim Komentar

    jogjastreamers

    SWARAGAMA 101.7 FM

    SWARAGAMA 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM


    GERONIMO 106,1 FM

    GERONIMO 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM


    GCD 98,6 FM

    GCD 98,6 FM

    Radio GCD 98,6 FM



    MBS 92,7 FM

    MBS 92,7 FM

    MBS 92,7 FM


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini