Seni & Budaya

Sultan Menyapa#6, Ajak Masyarakat untuk Hidup Sehat

Oleh : Rahman / Selasa, 19 Mei 2020 12:06
Sultan Menyapa#6, Ajak Masyarakat untuk Hidup Sehat
Sultan Menyapa Jilid#6, 'Membuka Misteri Ilahi, Menggapai Keberkahan', Selasa (19/5)(ist).

Gudeg.net- Hari ini, Selasa (19/5) Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) X kembali menghadirkan program Sultan Menyapa jilid 6.

Program yang hadir pada setiap minggu ini mengangkat tajuk 'Membuka Misteri Ilahi, Menggapai Keberkahan'.

Berikut adalah isi dari Sultan Menyapa#6:

Assalamualaikum wr.wb

Salam Sejahtera untuk kita semuanya,

Di balik keprihatinan itu semua, ada hikmah dari Yang Maha Kuasa, banyak ditemukan pengetahuan medis yang dulu menjadi rahasia Ilahi. Kini kita bisa membaca teks alami yang selama ini masih misteri.

Mereka yang awam pun muncul kreativitasnya untuk bertahan hidup. Kita semakin sadar lingkungan. Kita menjadi lebih peduli dengan sesama insan di dunia, melintasi batas negara, agama, ras dan perbedaan apa pun dimana kita dulu terpenjara di dalamnya.

Meski sudah menggunakan ilmu pengetahuan dan teknologi medis, diiringi kebiasaan pakai masker, cuci tangan, jaga jarak dan hindari kerumunan, itu pun belum cukup.

Keberhasilan akan bisa tercapai, hanya jika kita dapat menghambat merambatnya virus melalui transmisi lokal dengan cara isolasi lokal pula. Saya yakin, jika ikhitiar itu semua didukung oleh semangat saiyeg saeka kapti dengan menajamkan naluri dan mengasihi sesama, ada harapan kita akan berhasil mengatasi pandemi ini.

Meski perjuangan ini masih panjang, tetapi masa depan bak biru nirmala akan menjelang tiba. Kita akan bersama berkumpul kembali dengan sahabat dan kerabat, bersama keluarga tanpa dibatasi jarak antar kita lagi. Di saat-saat menjelang datangnya malam seribu bulan ini, semoga keberkahan dan keutamaannya dianugerahkan kepada kita, dengan menyingkirnya wabah ini dari Bumi Nusantara. In shaa Allah, jika kita berikhtiar…

Terima kasih.

Wasalamualaikum wr. wb     

Maksud dari program Sultan Menyapa jilid 6 ini adalah mengajak seluruh masyarakat DIY untuk belajar menjaga kesehatan dan menjaga diri secara lebih disiplin.

“Hingga saat ini belum tersedianya vaksin dan obat resmi menjadikan umat manusia mempelajari dan menerapkan langkah-langkah preventif. Maka gaya hidup sehat jadi keutamaan,” ujar Kepala Bagian Humas Biro Umum Humas dan Protokol Setda DIY Ditya Nanaryo Aji.

Ditya menjelaskan, esensinya manusia merupakan mahluk sosial namun disaat pandemi ini kepedulian terhadap kesehatan diri dan lingkungan menjadi gaya hidup. Belajar patuh terhadap peraturan, belajar menghargai orang lain yang berjuang untuk melawan Covid-19.

“Kita harus mempertahankan gaya hidup sehat ini sampai kapanpun. Proses belajar ini ini segaris dengan filosofi Ngelmu iku kalakone kanthi laku dan pepatah Pengalaman adalah Guru Terbaik,” jelasnya.

Perlu kita pahami bersama,  saat ini kita sedang berupaya menyelaraskan diri dengan perilaku alam dan mengupayakan memasuh malaning bumi. Keselarasan dengan alam dan perilakunya inilah yang harus menjadi sebuah barometer “New Normal Life”, karena sejatinya kita adalah bagian dari alam.

“Kita harus bisa melatih diri untuk beradaptasi dengan situasi new normal life dengan menjalankan protokol kesehatan. Selain itu mengurangi interaksi langsung secara fisik untuk sementara, sampai virus corona benar-benar tertangani,” ajak Ditya.

0 Komentar

    Kirim Komentar

    jogjastreamers

    SWARAGAMA 101.7 FM

    SWARAGAMA 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JogjaFamily 100,9 FM


    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM


    GERONIMO 106,1 FM

    GERONIMO 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM


    JIZ 89,5 FM

    JIZ 89,5 FM

    Jiz 89,5 FM


    MBS 92,7 FM

    MBS 92,7 FM

    MBS 92,7 FM


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini