Sosial Ekonomi

Sambut New Normal, Pelaku Usaha Malioboro Siap Buka Lapak Kembali

Oleh : Rahman / Selasa, 26 Mei 2020 12:10
Sambut New Normal, Pelaku Usaha Malioboro Siap Buka Lapak Kembali
Warga melintas menggunakan sepeda di tengah sepinya Jalan Malioboro dampak dari pandemi Covid-19, (2020)Gudeg.net/Rahman

Gudeg.net- Seiring dengan akan diberlakukannya aturan New Normal maka sejumlah pelaku usaha di sepanjang Jalan Malioboro akan membuka kembali lapak usahanya dalam waktu dekat.

“Kami sedang mempersiapkan segala sesuatunya untuk membuka kembali toko dan lapak para pedagang di Malioboro yang tutup sejak merebaknya Covid-19 di DIY,” ujar Perkumpulan Pengusaha Malioboro Ahmad Yani (PPMAY) Karyanto Yudomulyono, Selasa (26/5).

Karyanto menjelaskan, para pelaku usaha di Malioboro sudah mengikuti aturan pemerintah daerah untuk menutup lapak dan tempat usaha sejak bulan Maret lalu. Adanya aturan New Normal dijadikan alasan untuk membuka usaha kembali.

“Para pedagang sangat mengalami dampak yang cukup parah, penyusutan pendapatan dan berhentinya perekonomian rakyat. Intinya adalah pertimbangan ekonomi rakyat, bukan yang lain,” jelasnya.

Menurut Karyanto, pihaknya akan menerapkan konsep New Normal kepada seluruh pelakuk usaha mulai bulan Juni 2020 mendatang. Penerapan new normal dimulai dari pemberlakuan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 antara pedagang dan calon pembeli.

“Pemda DIY sudah menyiapakan New Normal untuk sektor pariwisata dan kami akan mengikuti juga prosedur standarnya. Mulai dari protokol kesehatan dan yang lainnya,” tuturnya.

Kondisi para pelaku usaha di sepanjang Malioboro cukup memprihatinkan selama menutup ruang usahanya. Oleh karenanya dengan penerapan aturan new normal menjadi angin segar bagi pelaku usah untuk membuka kembali lokasi usaha mereka.

Karyanto mengungkapkan, sehabis Lebaran ini ada sejumlah pelaku usaha yang akan membuka toko dan lapak usahanya namun tidak langsung seluruhnya.

“Rencananya ada 220 usaha yang tergabung dalam PPMAY yang akan bersiap membuka lapak usahanya. Memang tidak sekaligus namun perlahan sambil melihat perkembangan di lapangan nantinya,” ungkap Karyanto.

Ia berharap pendemi Covid-19 ini dapat tertangani dengan baik dan cepat agar sektor perekonomian dapat kembali pulih seperti sediakala.

“Kami hanya dapat berharap pada pemerintah agar dapat segera menyelesaikan wabah corona ini. Memang tidak dapat langsung hilang namun kita akan saling membantu untuk mencegah penyebaran virus itu,” harapnya.

0 Komentar

    Kirim Komentar

    jogjastreamers

    SWARAGAMA 101.7 FM

    SWARAGAMA 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM


    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JogjaFamily 100,9 FM


    GCD 98,6 FM

    GCD 98,6 FM

    Radio GCD 98,6 FM



    GERONIMO 106,1 FM

    GERONIMO 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini