Tips Hari Ini

Menulis Lirik Lagu Menurut Farid Stevy 'FSTVLST'

Oleh : Trida Ch Dachriza / Selasa, 26 Mei 2020 14:11
Menulis Lirik Lagu Menurut Farid Stevy 'FSTVLST'

Gudeg.net—Bagi sebagian penulis lagu—atau orang-orang yang hobi menulis lagu—ada kalanya menulis lirik menjadi lebih rumit daripada menemukan melodi.

Ada yang merasa lirik yang ditulisnya ternyata setelah dibaca ulang ‘menggelikan’, atau anak zaman now menyebutnya cringy.  Ada pula yang merasa liriknya ‘datar’ atau kurang cantik.

Di laman web-nya, Farid Stevy, berbagi sedikit tips dan opininya dalam menulis lirik. Yuk, simak apa kata penyanyi utama FSTVLST ini.

Ia mengungkapkan bahwa dalam dunia musik itu tricky. “Bukan sekadar kalimat-kalimat indah yang disusun sedemikian rupa. Harus tetap indah, dan bermakna. Jangan asal main rima tapi nggak ada artinya,” tulisnya.

Lirik lagu memiliki empat unsur utama; kerja bahasa, kerja estetika, kerja nada, dan kerja komunikasi. Sederhananya, apa yang ingin dikatakan kepada siapa dengan cara apa.

Walaupun bakat bisa bermain peran penting, namun menulis lirik dapat dilatih pelan-pelan. Stevy menyebutkan menulis lirik tidak semerta-merta wahyu dari Tuhan.

Ia menyarankan untuk mulai dari memungut frasa. Setelahnya, coba untuk terus membongkar dan pasang makna, ‘aduk-aduk’, kemudian tambahi ‘bumbu’ nada. Lalu di-‘masak’ dalam komposisi lagu dan pada akhirnya, semoga menjadi lagu yang ‘sedap’ dan ‘menggugah selera’.

Nulis lirik itu nggak ada rumusnya,” lanjutnya lagi. Ia juga menyebutkan jalan sunyi penciptaan karya hanya bisa ditempuh sendirian.

Farid Stevy mempunya program “Farid Stevy, 120 Hours in Distance”. Program ini adalah proyek seni yang digagas oleh Sirin Farid Stevy untuk berbagi spirit-spirit kreatif dalam keterbatasan social-physical distance di masa pandemi Covid-19.

Salah satu yang menginspirasi proyek ini adalah performance art pameran tunggalnya sendiri pada tahun 2019 lalu di Hotel Monopoli. Ia mengisolasi diri di ruang pameran selama 2x24 jam.

Melalui gagasan ini ia mengembangkan serangkaian program; Art Making, Live Talks, Creative Class, Affordable Art dan Creative Challenge & Competition.

“Keterbatasan adalah sumber dari segala kreativitas dan bukan alasan berhenti main,” tulisnya di laman web-nya.

Kelas menulis lirik ada di dalam program Creative Class-nya. Tertarik untuk memperdalam menulis lirik? Silakan menuju laman faridstevy.com untuk mendaftar atau menghubungi di aplikasi WhatsApp di +62 818-0400-0008.


0 Komentar

    Kirim Komentar


    jogjastreamers

    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JogjaFamily 100,9 FM


    SWARAGAMA 101.7 FM

    SWARAGAMA 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM


    SOLORADIO 92,9 FM

    SOLORADIO 92,9 FM

    Soloradio 92,9 FM SOLO


    GERONIMO 106,1 FM

    GERONIMO 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM


    UNISI 104,5 FM

    UNISI 104,5 FM

    Unisi 104,5 FM


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini