Pendidikan

Mahasiswa UNY Kembangkan 'Markisa', Media Pembelajaran untuk Kenalkan Karakter Pahlawan

Oleh : Wirawan Kuncorojati / Kamis, 28 Mei 2020 15:00
Mahasiswa UNY Kembangkan 'Markisa', Media Pembelajaran untuk Kenalkan Karakter Pahlawan
Dok Humas UNY

Gudeg.net - Pendidikan karakter penting diterapkan dalam mata pelajaran di sekolah dasar, salah satunya melalui tema pahlawan pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan.

Dengan mengangkat tema pahlawan, maka siswa dapat mempelajari sikap dan sifat pahlawan sehingga mampu menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Sayangnya perkembangan media pembelajaran di sekolah, terutama yang berbasis digitalisasi bertema peningkatan karakter melalui cerita pahlawan belum banyak dikembangkan. 

Oleh karena itu, sekelompok mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan UNY membuat media pembelajaran interaktif berbasis flash yang dinamakan 'Markisa'.

Mereka adalah Nifta Noor Halimah dari prodi Kurikulum dan Teknologi Pendidikan, Adhien Wandani dari prodi Pendidikan Luar Sekolah dan Erlina Oktaviandani dari prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar.

Media pembelajaran ini dibuat sebagai upaya untuk pengenalan karakter yang dimiliki pahlawan kepada peserta didik kelas IV Sekolah Dasar.

"Ini adalah media pembelajaran yang dirancang untuk pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dengan sub tema pengenalan pahlawan dan nilai-nilai karakter yang dapat diambil dari pahlawan-pahlawan tersebut," kata Nifta Noor Halimah, dalam keterangan tertulis, Selasa (26/5). 

Media interaktif ini menawarkan beberapa fitur, salah satunya seperti materi mengenai siapa saja pahlawan nasional beserta biografi dan sejarah perjuangannya. Selain itu terdapat pula nilai-nilai karakter yang dapat diambil dari banyaknya pahlawan nasional tersebut. 

Terdapat pula soal-soal yang dapat dijawab oleh siswa, dan di bagian akhir dapat mengetahui secara langsung berapa nilai yang ia dapatkan dari soal tersebut.

Media ini dirancang untuk dapat digunakan secara mandiri oleh siswa sehingga menumbuhkan jiwa belajar mandiri siswa. Tampilan awal media pembelajaran flash Markisa meliputi penjelasan mengenai media pembelajaran dan disertai dengan tombol mulai.

"Tema yang diangkat dari media ini adalah luar angkasa dengan tujuan memberikan kesan yang menarik bagi peserta didik kelas IV Sekolah Dasar," ucap Erlina Oktaviandani.   

Tampilan awal meliputi penjelasan mengenai media pembelajaran dan disetai dengan tombol 'mulai'. Setelah tombol mulai ditekan, akan tampil menu-menu atau fitur yang ada di media. 

Selanjutnya, siswa akan dijelaskan mengenai fitur standar kompetensi dan kompetensi dasar yang harus dicapai dengan mempelajari materi ini. 

Peserta didik dapat memilih tombol materi untuk belajar mengenal para tokoh pahlawan nasional. Setelah belajar pada fitur materi, peserta didik dapat melihat video untuk menambah wawasan. 

Setelah memahami materi dan video, peserta didik harus mengerjakan 10 soal evaluasi. Apabila menemui kesulitan, peserta didik dapat melihat menu pentunjuk. Karya ini berhasil meraih dana dari Fakultas Ilmu Pendidikan.


 

0 Komentar

    Kirim Komentar

    jogjastreamers

    SWARAGAMA 101.7 FM

    SWARAGAMA 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JogjaFamily 100,9 FM


    GERONIMO 106,1 FM

    GERONIMO 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM


    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM


    JIZ 89,5 FM

    JIZ 89,5 FM

    Jiz 89,5 FM


    UNISI 104,5 FM

    UNISI 104,5 FM

    Unisi 104,5 FM


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini