Pendidikan

Dongkrak Literasi dan Budaya Membaca, Perpustakaan Kota Yogya Gelar Final Lomba Bercerita

Oleh : Trida Ch Dachriza / Selasa, 30 Juni 2020 18:30
Dongkrak Literasi dan Budaya Membaca, Perpustakaan Kota Yogya Gelar Final Lomba Bercerita
Seorang staf Pevita merapikan buku di rak Perpustakaan Kota Yogyakarta, Rabu (10/6)-Gudegnet/Rahman

Gudeg.net—Perpustakaan Kota Yogyakarta menggelar final Lomba Bercerita Bagi siswa Sekolah Dasar (SD)/ Madrasah Ibtidaiyah (MI) Tingkat Kota Yogyakarta hari Rabu (1/7), di ruang baca Perpustakaan Alternatif Yogyakarta (Pevita), Jalan Mayjen Sutoyo Nomor 32, Yogyakarta.

Final lomba ini diikuti oleh peserta putra dan putri, masing-masing sepuluh orang. Mereka adalah anak-anak yang lolos di babak penyisihan.

Mengusung tema “Menumbuhkembangkan Budaya Membaca dan Bercerita Bagi Siswa SD di Kota Yogyakarta, Istimewa”, lomba ini memadukan seni sastra, drama, akting dan komunikasi.

“Lomba ini merupakan gelaran rutin setiap tahun yang diadakan secara berjenjang dari tingkat kabuaten/kota hingga nasional,” terang Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Yogyakarta, Wahyu Hendratmoko dalam rilis resmi yang diterima Gudegnet, Rabu (30/6).

Pemenang akan bertanding di lomba tingkat provinsi. Aspek penilaian berupa penampilan (termasuk ekspresi wajah), cara/teknik bercerita, dan penguasaan materi yang diceritakan.

Harapannya, lomba ini akan menumbuhkan minat dan budaya gemar membaca di kalangan anak-anak.

“Lebih dari itu, juga agar mereka nantinya menjadi warga negara yang cerdas serta berwawasan luas dan memiliki rasa kecintaan terhadap tanah air dan bangsa,” lanjut Wahyu.

Selain itu, kegiatan ini juga diharapkan menjadi kegiatan nyata dalam meningkatkan budaya baca dan budaya literasi masyarakat Kota Yogyakarta.

Panitia tetap mengedepankan protokol kesehatan dalam upaya penanggulangan Covid-19. Di antaranya diselenggarakan tanpa penonton dan wajib menjaga jarak.

0 Komentar

    Kirim Komentar

    jogjastreamers

    SWARAGAMA 101.7 FM

    SWARAGAMA 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JogjaFamily 100,9 FM


    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM


    SOLORADIO 92,9 FM

    SOLORADIO 92,9 FM

    Soloradio 92,9 FM SOLO


    GERONIMO 106,1 FM

    GERONIMO 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM


    JIZ 89,5 FM

    JIZ 89,5 FM

    Jiz 89,5 FM


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini