Seni & Budaya

‘ARTJOG: Resilience’ Segera Digelar

Oleh : Wirawan Kuncorojati / Sabtu, 11 Juli 2020 13:30
‘ARTJOG: Resilience’ Segera Digelar
Ilustrasi: "Anatomy of Desire" karya Agus Suwage di Artjog 2017 - Dok. Gudegnet

Gudeg.net - ARTJOG akan menggelar sebuah edisi khusus bertajuk ARTJOG: RESILIENCE, di Jogja National Museum (JNM), Yogyakarta pada 8 Agustus hingga 10 Oktober 2020.  

Dalam keterangan tertulisnya, ARTJOG menyampaikan, krisis karena pandemi memang belum usai, tapi kita mesti terus bergerak. Masyarakat dan para pekerja seni di Indonesia dituntut untuk beradaptasi dengan kebiasaan hidup baru. 

Untuk itu, Heri Pemad Manajemen (HPM) memutuskan untuk menggelar sebuah edisi khusus ARTJOG pada bulan Agustus mendatang. 

Direktur Artjog, Heri Pemad mengatakan, pihaknya memberanikan diri untuk menyelenggarakan ajang ini bukan karena latah untuk mengikuti tata kebiasaan baru. 

"Festival tahun ini tidak hanya didasari oleh keinginan untuk bangkit, tapi lebih pada upaya untuk menguji kembali ketahanan kita, melihat lagi apa-apa yang sudah kami capai sebagai sebuah festival yang telah 12 tahun berjalan," ucapnya dalam siaran pers, Jumat (10/7). 

Jika sebelumnya ARTJOG selalu menampikan karya-karya seniman internasional, edisi tahun ini lebih berfokus pada seniman Indonesia. 

Hambatan teknis yang disebabkan oleh pandemi menyebabkan pengiriman karya dan transportasi seniman-seniman internasional ke Yogyakarta menjadi lebih sulit. 

“Sebagian besar karya yang tampil tahun ini dibuat oleh para seniman pada masa pembatasan sosial, dan secara tidak langsung merupakan refleksi kritis mereka terhadap situasi krisis pandemi di Indonesia,” kata Kurator ARTJOG, Ignatia Nilu.

Penyederhaan dan penyesuaian dalam penyusunan program-program ARTJOG dilakukan pada tahun ini. Untuk sementara, program penghargaan untuk seniman muda (Young Artist Award) dan ARTJOG Daily Performance terpaksa tidak dilaksanakan. 

Pameran seni rupa masih tetap menjadi menu utama dari festival yang digelar setiap tahun di JNM sejak 2016 ini.
Gading Paksi, Manajer Program ARTJOG menyampaikan, proses pemajangan karya seni akan menghadapi tantangan baru dan berbeda.

"Selain memajang karya di ruang pamer, kami juga berupaya untuk menghasilkan konten audio-visual yang berkualitas sehingga ARTJOG tetap bisa dinikmati dari rumah," kata Gading. Publik dapat mengakses pameran ARTJOG secara daring melalui website www.artjog.co.id.

Jika kondisi memungkinkan, pameran akan dapat diakses langsung di lokasi dengan memberlakukan prosedur dan protokol kesehatan.  

 

0 Komentar

    Kirim Komentar

    jogjastreamers

    SWARAGAMA 101.7 FM

    SWARAGAMA 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JogjaFamily 100,9 FM


    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM


    GERONIMO 106,1 FM

    GERONIMO 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM


    RAKOSA 105,3 FM

    RAKOSA 105,3 FM

    Rakosa 105,3 FM


    JIZ 89,5 FM

    JIZ 89,5 FM

    Jiz 89,5 FM


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini