Pendidikan

Tim Abdimas FISIP UAJY Beri Pelatihan Pemanfaatan Video untuk Guru

Oleh : Wirawan Kuncorojati / Senin, 13 Juli 2020 14:00
Tim Abdimas FISIP UAJY Beri Pelatihan Pemanfaatan Video untuk Guru
Dok Humas UAJY

Gudeg.net – Pandemi Covid-19 yang hingga kini masih bergulir membuat proses belajar mengajar mesti digelar secara daring.

Perubahan ini memunculkan tantangan bagi pengajar. Selain harus membiasakan diri dengan berbagai platform, guru juga mesti dapat menyampaikan dan mengemas materi dalam bentuk video.

Melihat hal tersebut, Tim Dosen Ilmu Komunikasi FISIP UAJY mengadakan pelatihan public speaking dan pemanfaatan video kepada guru-guru SD dan SMA Budya Wacana Yogyakarta, sebagai pengabdian pada masyarakat.

Pelatihan ini diadakan sebagai bagian dari program “Model Pengembangan Kecakapan Komunikasi Digital pada Remaja Bagi Guru dan Siswa Budya Wacana Yogyakarta.”

“Pelatihan Public Speaking diberikan agar guru-guru dapat belajar dengan nyaman memberi materi meski melalui rekaman video,” kata Ike Devi Sulistyaningtyas, dari Tim Pengabdian Masyarakat (Abdimas) dalam keterangan tertulis yang diterima Gudegnet, Rabu (8/7).

Sementara itu, Immanuel Dwi Asmoro Tunggal, yang juga salah satu dosen pemberi materi, manambahkan, pelatihan antara lain berisi materi tentang cara berbicara dan menentukan sudut serta bingkai yang baik ketika mengambil gambar untuk video.

Tim pengabdian juga memberikan pelatihan terkait penggunaan Zoom dan Screencast-O-Matic.

Alexander Benny, Dosen UAJY yang menjadi narasumber pelatihan di SD Budya Wacana, mengatakan, pelatihan yang diselenggarakan pada Kamis, (2/7) tersebut penting untuk diselenggarakan, karena guru-guru dapat belajar juga beradaptasi dengan teknologi baru.


0 Komentar

    Kirim Komentar


    jogjastreamers

    SWARAGAMA 101.7 FM

    SWARAGAMA 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JogjaFamily 100,9 FM


    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM



    SOLORADIO 92,9 FM

    SOLORADIO 92,9 FM

    Soloradio 92,9 FM SOLO


    JIZ 89,5 FM

    JIZ 89,5 FM

    Jiz 89,5 FM


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini