Pariwisata

Wisata Mangunan Bantul Kembali Dibuka

Oleh : Rahman / Rabu, 22 Juli 2020 15:33
Wisata Mangunan Bantul Kembali Dibuka
Wisatawan menikmati wahana Rumah Seribu Kayu di objek wisata alam Seribu Batu Songgo Langit Mangunan, Bantul, Yogyakarta, Rabu (22/7)-Gudeg.net/Rahman

Gudeg.net- Setelah tutup hampir empat bulan akibat pandemi Covid-19, objek wisata alam Mangunan, Dlinggo, Bantul dibuka kembali untuk umum.

Pembukaan dalam rangka uji coba ini merupakan rangkaian dari rencana Pemerintah Kabupaten Bantul untuk menghidupkan kembali pariwisata Bantul yang sempat berhenti.

“Hari ini, Rabu (22/7) kami melakukan uji coba pembukaan untuk pertama kalinya setelah tutup hampir empat bulan karena corona. Sejumlah persiapan telah kami lakukan, salah satunya protokol kesehatan,” ujar Ketua Kopersi Notowono, Purwo Harsono di lokasi, Rabu (22/7).

Untuk uji coba pembukaan ini terdapat empat lokasi objek wisata yaitu Puncak Becici, Bukit Pengger, Hutan Pinus Sari, dan Seribu Batu Songgo Langit.

Purwo menjelaskan, selama penutupan pihaknya telah melakukan sejumlah persiapan untuk menyambut kedatangan para wisatawan seperti pembuatan sarana dan prasarana pendukung protokol kesehatan.

“Kami telah menyiapkan Standard Operating Procedure (SOP) protokol kesehatan yang diberlakukan sedari pintu masuk hingga kaluar kawasan wisata,” jelasnya.

Dari pantauan Gudeg.net sejumlah wisatawan mulai memadati objek wisata alam Seribu Batu Songgo Langit pada hari pertama uji coba pembukaan.

Saat memasuki kawasan wisata, wisatawan akan dicek suhu tubuhnya, diawajibkan untuk mencuci tangan pada wastafel yang telah disediakan, wajib memakai masker dan dilarang untuk berkerumun.

Sejumlah fasilitas seperti wahana permainan flying fox, spot berfoto (Rumah Hobbit dan Rumah Seribu Kayu) dan warung makanan/kuliner juga diwajibkan untuk menerapkan protokol kesehatan.

“Ke empat lokasi wisata yang kami buka merupakan yang benar-benar siap protokol kesehatannya, guna beradaptasi dengan kebiasaan baru atau new normal di sektor pariwisata,” tutur Purwo.

Protokol kesehatan tidak hanya berlaku pada wisatawan, pihak pengelola dan pemandu wisata juga wajib untuk mematuhinya.

Sementara itu Koordinator Pengelola Wisata Seribu Batu Songgo Langit, Aris Purwanto menyampaikan, untuk uji coba pembukaan ini waktu jam berkunjung bagi wisatawan dibatasi.

“Sementara ini jam operasional kita batasi, yaitu buka mulai pukul 07.00 sampai 17.00 WIB. Jumlah pengunjung belum kami batasi karena masih melihat perkembangan, namun bila telah penuh maka akan diberlakukan pembatasan waktu berkunjung,” katanya.

0 Komentar

    Kirim Komentar

    jogjastreamers

    SWARAGAMA 101.7 FM

    SWARAGAMA 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM


    GERONIMO 106,1 FM

    GERONIMO 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM


    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JogjaFamily 100,9 FM


    IRADIO 88.7 FM YOGYAKARTA

    IRADIO 88.7 FM YOGYAKARTA

    100% Musik Indonesia, Cinta Musik Indonesia.


    RAKOSA 105,3 FM

    RAKOSA 105,3 FM

    Rakosa 105,3 FM


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini