Pariwisata

Tutup Tiga Bulan Lebih, Benteng Vredeburg Kembali Dibuka untuk Uji Coba

Oleh : Rahman / Selasa, 28 Juli 2020 12:18
Tutup Tiga Bulan Lebih, Benteng Vredeburg Kembali Dibuka untuk Uji Coba
Wisatawan berswafoto dibagian depan gerbang Museum Benteng Vredeburg pada saat uji coba pembukaan hari pertama, Selasa (28/7)-Gudeg.net/Rahman

Gudeg.net- Setelah tutup selama tiga bulan lebih, Museum Benteng Vredeburg kembali dibuka untuk uji coba kunjungan wisatawan hari ini, Selasa (28/7).

Dalam uji coba pembukaan hari ini, terlihat sejumlah wisatawan sudah mulai memadati objek wisata pendidikan dan hiburan tersebut.

“Kami mencoba untuk buka kembali namun ini baru uji coba selama tiga hari saja, 28-30 Juli 2020 dan untuk selanjutnya akan melihat situasi di lapangan,” ujar Kepala Museum Benteng Vredeburg, Suharja saat pembukaan uji coba, Selasa(28/7).

Suharja menjelaskan, pembukaan uji coba ini memberlakukan penerapan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 ketat yang telah dikeluarkan Kemenkas RI.

“Penerapan protokol keharusan dalam lingkungan Benteng Vredeburg saat era kenormalan baru ini dan itu berlaku bagi semua, baik wisatawan maupun karyawan,” jelasnya.

Dari pantauan Gudegnet, protokol kesehatan diberlakukan oleh pihak pengelola benteng mulai dari gerbang utama hingga area ruang pajang benda museum.

Ketika memasuki gerbang utama, seluruh wisatawan wajib dicek suhu tubuhnya (maksimal 37 derajat C). Sebelum loket pembelian tiket, wisatawan diarahkan untuk mencuci tangan, dan memakai hand sanitizer.

Pada loket tiket diberlakukan juga physical distancing atau jaga jarak dengan tanda kotak kuning berjarak sekitar satu meter.

“Ini adalah aturan yang harus diikuti oleh wisatawan dan untuk sementara kami hanya menerima kunjungan dari wisatawan DIY saja. Jumlahnya pun skala kecil seperti keluarga atau kelompok kecil maksimal 4-5 orang saja,” ungkapnya.

Saat uji coba pembukaan era new normal ini, Benteng Vredeburg memiliki terobosan baru yaitu mengadakan pameran seni yang menggandeng Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta.

Pameran seni lukis dan instaslasi tersebut digelar oleh Fakultas Seni Rupa ISI dengan mengangkat tajuk Jaring Arthropoda.

“Pameran ini merupakan salah satu langkah kami untuk menyemarakan pembukaan hari ini dan kami menggandeng ISI sebagai pamerisnya. Semoga dapat menjadi wajah baru bagi Museum Benteng Vredeburg ke depannya,” harap Suharja.

Selama uji coba ini, Benteng Vredeburg membatasi jumlah kunjungan yaitu 220 wisatawan per harinya dan terbagi atas empat sesi kunjungan dengan masing-masing berdurasi satu jam.

“Memang kami batasi, jadi per sesi hanya 55 orang saja. Ini agar tidak terjadi kerumunan di dalam kawasan benteng,” pungkasnya.

Jam operasional Museum Benteng Vredeburg selama uji coba pembukaan mulai dari pukul 09-15.00 WIB.

0 Komentar

    Kirim Komentar

    jogjastreamers

    SWARAGAMA 101.7 FM

    SWARAGAMA 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM


    ARGOSOSRO FM 93,2

    ARGOSOSRO FM 93,2

    Argososro 93,2 FM



    GCD 98,6 FM

    GCD 98,6 FM

    Radio GCD 98,6 FM


    MBS 92,7 FM

    MBS 92,7 FM

    MBS 92,7 FM


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini