Sosial Ekonomi

Hari Pertama PTKM, PKL Malioboro Minta Cukup Sampai 25 Januari, Jangan Diperpanjang

Oleh : Rahman / Senin, 11 Januari 2021 13:00
Hari Pertama PTKM, PKL Malioboro Minta Cukup Sampai 25 Januari, Jangan Diperpanjang
Lorong jalur pedestrian Malioboro terlihat sepi dari pengunjung dampak berlakunya PTKM di DIY mulai hari ini sampai 25 Januari 2021, Senin(10/1)-Gudeg.net/Rahman

Gudeg.net- Pedagang kaki lima (PKL) meminta agar Pengetatan secara Terbatas Kegiatan Masyarakat (PTKM) tidak diperpanjang lagi untuk ke depannya.

Karena pedagang menilai jika diperpanjang maka akan berdampak sangat besar bagi perekonomian mereka yang hingga saat ini sudah cukup terpuruk.

“Tidak apa-apa sekarang ada pembatasan tapi kami mohon jangan diperpanjang lagi ke depannya, cukup sampai tanggal 25 saja,” ujar, Parti salah satu PKL di jalur pedestrian Malioboro saat menggelar lapaknya, Senin (11/1).

Dari pantauan Gudegnet, di siang hari pertama pemberlakukan PTKM, sekitar pedestrian Malioboro memang terlihat cukup lengang, tidak sepadat seperti hari biasanya.

Baik dari kendaraan roda empat, roda dua hingga pengunjung wisatawan, terlihat cukup sepi. Hanya saja terjadi sedikit penumpukan di depan Mal Malioboro, namun secara keseluruhan dapat dikatakan Malioboro lengang.

Parti menjelaskan, mereka (PKL) sudah sangat sulit sejak Corona ada pada bulan Maret lalu dan baru saja mulai menggeliat pada liburan akhir tahun tapi sekarang ada pembatasan kembali.

“Kemarin sempat kami (PKL) dibatasi sampai jam 22.00 WIB terus sekarang jam 19.00 WIB, jangan-jangan setelah ini, kami diminta tutup jam 17.00 WIB, makin terpuruk kami,” jelasnya.

Sementara itu Ketua Paguyuban Pedagang Lesehan Malioboro, Desio Hartonowati, mengatakan, semua PKL akan mengikuti aturan yang telah dikeluarkan oleh Pemda DIY.

“Semua (PKL) akan mengikuti. Yang cukup berdampak yaitu teman-teman PKL makanan lesehan. Mereka buka jam 17.00 WIB tapi harus tutup jam 19.00 WIB,” kata dia.

Ia menambahkan, semua keputusan ada di tangan teman-teman PKL makanan lesehan dan mungkin ada yang jualan atau tidak sama sekali selama dua minggu ke depan.

“Masalah buka atau tidak, saya serahkan ke teman-teman lesehan. Separuh lebih yang memutuskan tidak buka, separuhnya lagi mungkin akan buka namun belum pasti. Nanti kita lihat di lapangan,” kata dia.

PTKM diberlakukan oleh Pemda DIY mulai tanggal 11-25 Januari 2021. Salah satu pembatasannya adalah penutupan tempat usaha baik makanan atau minuman dan lainnya pada pukul 19.00 WIB.

0 Komentar

    Kirim Komentar

    jogjastreamers

    SWARAGAMA 101.7 FM

    SWARAGAMA 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM


    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JogjaFamily 100,9 FM


    GERONIMO 106,1 FM

    GERONIMO 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM


    ARGOSOSRO FM 93,2

    ARGOSOSRO FM 93,2

    Argososro 93,2 FM



    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini