Berita

Cetak KTP Sendiri dengan dengan ADM

Oleh : Trida Ch Dachriza / Selasa, 25 Mei 2021 20:11
Cetak KTP Sendiri dengan dengan ADM
Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo memamerkan KTP-el yang dicetak di ADM di kantor Dinas Dukcapil, Selasa (25/5/2021)-Gudegnet/Trida

Gudeg.net—Sekarang, warga Sleman tidak perlu repot dan pusing mengantre saat akan mengurus KTP, KIA, KK, maupun akta.

Pemerintah Kabupaten Sleman melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) meresmikan Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM) hari ini, Selasa (25/5), di kantor Dukcapil Sleman.

ADM sendiri adalah mesin pencetak dokumen adminduk agar memudahkan masyarakat mendapat pelayanan. Setelah kita memasukkan data yang dibutuhkan, mesin akan mencetak dokumen yang kita butuhkan.

Dengan ADM, masyarakat dapat melakukan pencetakan dokumen kependudukan hasil layanan berupa KTP elektronik, Kartu Identitas Anak (KIA), Kartu Keluarga, Akta kelahiran serta Akta Kematian secara mandiri.

“Harapan kita, bisa memberikan kemudahan dan alternatif layanan bagi masyarakat,” ujar Kepala Dinas Dukcapil Jazim Sumirat saat peresmian ADM di kantor Dukcapil Sleman.

Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo, yang juga menghadiri acara ini mengatakan, inovasi ini sejalan dengan misi ketiga Bupati dan Wakil Bupati Sleman, yaitu menciptakan tata kelola pemerintahan yang baik dengan didukung teknologi untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat.

Ia menekankan pentingnya sosialisasi  mengenai ADM kepada masyarakat. Hal ini harus menjadi fokus Dukcapil ke depannya.

“Karena akan tidak ada gunanya keberadaan mesin ini tanpa diketahui masyarakat dan tanpa pemahaman kepada masyarakat dalam penggunaan mesin ini, ” ujarnya.

Jazim juga menyampaikan, pengadaan mesin ini disesuaikan dengan filsafat Jawa, ‘papat limo pancer’. Daerah yang dipilih, sesuai dengan filsafat tersebut.

Delapan mesin ADM ini berada di Dinas Dukcapil Sleman, Mal Pelayanan Publik, kantor Kapanewon Gamping, kantor Kapanewon Godean, kantor Kapanewon Depok, kantor Kapanewon Prambanan, kantor Kapanewon Ngaglik, dan kantor Kapanewon Tempel.

Khusus untuk mesin ADM di kantor Dinas Dukcapil, dioperasikan 24 jam untuk memfasilitasi masyarakat yang waktunya terbatas. Sedangkan, ADM lain dioperasikan selama jam kerja.

Sebelum mencetak adminduk, kita terlebih dahulu mengajukan permohonan pelayanan secara online melalui laman dukcapilonline.slemankab.go.id. Kita lalu akan mendapat kan kode QRIS yang nantinya dipindai di mesin ADM.


0 Komentar

    Kirim Komentar


    jogjastreamers

    SWARAGAMA 101.7 FM

    SWARAGAMA 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JogjaFamily 100,9 FM


    SOLORADIO 92,9 FM

    SOLORADIO 92,9 FM

    Soloradio 92,9 FM SOLO


    UNISI 104,5 FM

    UNISI 104,5 FM

    Unisi 104,5 FM


    GERONIMO 106,1 FM

    GERONIMO 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM


    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini