Pariwisata

'Monalisa', Eksplorasi Potensi Wisata dengan Gowes

Oleh : Wirawan Kuncorojati / Kamis, 08 Juli 2021 22:32
'Monalisa', Eksplorasi Potensi Wisata dengan Gowes
Dok. Gudeg.net/ Rahman

Gudeg.net - Fakultas Arsitektur dan Desain Universitas Kristen Duta Wacana (FAD UKDW) berkerja sama dengan Badan Promosi Pariwisata Kota Yogyakarta (BP2KY) menggelar webinar Jogja Tourism Update #2, Rabu (7/6). Webinar yang digelar melalui platform zoom meeting tersebut mengangkat tema 'Mengayuh Pariwisata Kota Yogyakarta dengan Bersepeda Bersama Monalisa'. 

Monalisa, singkatan dari "Menikmati Harmoni Jogja dengan Lima Jalur Sepeda Wisata", merupakan wisata olahraga (tourism sport) yang dikembangkan oleh Pemkot Yogyakarta.

Aldi Fadhlil Dianto, Ketua BP2KY dalam kesempatan tersebut menyampaikan, Monalisa menjadi sebuah ikon yang unik, di mana peserta bisa menikmati olahraga yang ringan sekaligus memperkenalkan budaya atau potensi kultur yang sekarang terlupakan oleh anak muda.

“Harapannya Monalisa ini menjadi sebuah ikon baru dan menjadi lifestyle masyarakat Yogyakarta dan menjadi trigger berkembangnya pariwisata Kota Yogyakarta. Kita harus tetap semangat walaupun ada pandemi, dengan memunculkan inovasi, ide-ide kreatif, dan motivasi untuk membangun pariwisata kembali,” ujarnya dalam keterangan tertulis yang diterima Gudegnet, Kamis (8/7).

Jalur bersepeda Monalisa sendiri meliputi lima kategori, yakni romansa kota lawas, tilik jeron beteng, jelajah kampung susur sungai, jelajah harmoni pesona kampung, serta taman pintar dan taman budaya. 

Agus Budianto, Ketua Kampung Wisata Purbayan & Sie Humas HPI Kota Yogyakarta mengatakan, cycling tour sebetulnya sudah lama diterapkan di Indonesia. Namun, umumnya rute yang diambil adalah obyek wisata sepeti candi dan jalur-jalur yang memiliki pemandangan eksotis. 

Menurutnya, wisatawan yang datang ke Yogyakarta lebih banyak menikmati wisata alam dan kurang mengeksplorasi Kota Yogyakarta itu sendiri. 

"Lewat Monalisa ini banyak sekali potensi yang bisa ditawarkan seperti kuliner, cagar budaya, upacara tradisional, kesenian tradisional, kerajinan tangan, bahkan aktivitas warga setempat bisa menjadi daya tarik,” katanya. 


0 Komentar

    Kirim Komentar


    jogjastreamers

    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JogjaFamily 100,9 FM


    SWARAGAMA 101.7 FM

    SWARAGAMA 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    UNIMMA FM 87,60

    UNIMMA FM 87,60

    Radio Unimma 87,60 FM


    SOLORADIO 92,9 FM

    SOLORADIO 92,9 FM

    Soloradio 92,9 FM SOLO


    GERONIMO 106,1 FM

    GERONIMO 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM


    UNISI 104,5 FM

    UNISI 104,5 FM

    Unisi 104,5 FM


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini