Pendidikan

Mahasiswa UGM Olah Limbah Kulit Salak Jadi Permen Antidiabetes

Oleh : Wirawan Kuncorojati / Senin, 06 September 2021 17:17
Mahasiswa UGM Olah Limbah Kulit Salak Jadi Permen Antidiabetes
Dok. UGM

Gudeg.net - Empat mahasiswa UGM mengolah limbah kulit salak menjadi permen kaya gizi dan antidiabetes. Permen ini dinamakan Salacca Soft Candy.

Aulia Nur Aeni Kholisoh, salah satu mahasiswa tersebut mengatakan, ide awal pembuatan permen tersebut bermula saat melihat nasib petani salak yang terdampak pandemi, khususnya petani salak di Srumbung, Magelang. 

Mahasiswa Fisipol tersebut melanjutkan, sejak pandemi, petani salak di daerah tersebut mengalami penurunan pendapatan dari penjualan salak. Padahal, salak merupakan andalan di wilayah tersebut.

Aulia bersama ketiga rekannya, Ginna Ervarizki (FIB), Nafis Muhimmatul 'Ulya  dan Vera Nurohmah Indrawati (Fakultas Biologi) kemudian berupaya mencari solusi, untuk mengolah buah salak menjadi produk olahan yang tahan lama an bernilai ekonomis.

Berdasarkan literatur, mereka menemukan bahwa kulit salak mengandung zat bioaktif seperti flavanoid, fenolik, antioksidan, dan zat lainnya untuk menstabilkan kadar gula darah dengan menghambat enzim glukosidase.

Melalui Program Kreativitas Mahasiswa bidang Kewirausahaan dengan bimbingan Bayu Dardias Kuniadi, SIP, MA, M.Pub.Pol, Ph.D mereka membuat peren dari sari buah dan ekstrak sulit salak. Dalam pebuatannya, ditambahkan madu murni sebanyak 38 persen untuk menambah rasa legit. 

"Pemilihan madu sebagai pemanis tidak hanya menambah rasa manis saja namun madu mengandung zat antioksidan yang berfungsi sebagai imun booster di kala pandemi, kata Aulia, sebagaimana dikutip laman ugm.ac.id, Sabtu (4/9). Produk ini telah diluncurkan ke pasar seharga Rp 8000, satu kemasan seberat 50 gram. 


0 Komentar

    Kirim Komentar


    jogjastreamers

    SWARAGAMA 101.7 FM

    SWARAGAMA 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    UNIMMA FM 87,60

    UNIMMA FM 87,60

    Radio Unimma 87,60 FM


    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JogjaFamily 100,9 FM


    GERONIMO 106,1 FM

    GERONIMO 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM


    UNISI 104,5 FM

    UNISI 104,5 FM

    Unisi 104,5 FM


    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini