Pariwisata

Malam Tahun Baru, Wifi Malioboro Dimatikan

Oleh : Rahman / Rabu, 29 Desember 2021 16:02
Malam Tahun Baru, Wifi Malioboro Dimatikan
Sejumlah warga menggunakan telepon selular di kawasan pedestrian Malioboro, Rabu (29/12)-Gudeg.net/Rahman

Gudeg.net- Malam pergantian tahun baru dipastikan kawasan Malioboro tanpa jaringan Wifi, pasalnya Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) DIY akan mematikan jaringan tersebut. Rencananya Diskominfo akan mematikan wifi sejak Jumat, 31 Desember 2021 hingga Minggu, 2 Januari 2022.

Dimatikannya jaringan internet gratis tersebut merupakan salah satu cara Pemerintah Daerah (Pemda) DIY untuk mengurangi terjadinya kerumunan.

Kabid Layanan Teknologi dan Informatika (LTI) Diskominfo DIY Agung Widihono mengatakan, ini merupakan permintaan dari Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) DIY.

“Nanti akan dioff-kan dari jam 00.00 WIB [Jumat dinihari] sampai dibuka lagi tanggal 1, Sabtu. Ini sesuai dengan surat permohonan dari Satpol PP DIY, bahwa wifi Jogja Istimewa yang ada di sepanjang Malioboro agar dimatikan,” ujar Agung Widihono pada keterangan tertulis yang diterima Gudegnet, Rabu (29/12).

Pihak Diskominfo akan memberikan pemberitahuan dan sosialisasi kepada masyarakat terkait rencana tersebut melalui laman resminya di https://diskominfo.jogjaprov.go.id/ .

Ia menjelaskan, di hari biasa pengguna internet gratis Malioboro bisa mencapai ribuan orang, baik warga, wisatawan dan para pelaku wisata.

“Dalam sehari penggunanya ribuan dan gratis untuk masyarakat, kekuatan 20 Mbps,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Satpol PP DIY Noviar Rahmad menyampaikan, Kota Yogyakarta, khususnya Malioboro masih menjadi daya tarik daerah saat malam pergantian tahun nanti.

Karena itu, keputusan mematikan jaringan wifi di kawasan tersebut menjadi cukup penting guna mengurangi terjadinya keramaian di kawasan tersebut.

“Kami telah berkoordinasi dengan Diskominfo untuk mematikan wifi khusus malam tahun baru supaya tidak ada penumpukan pengunjung,” kata dia.

Satpol PP juga akan melakukan penjagaan di sepanjang Jalan Malioboro hingga kawasan Titik Nol Yogyakarta guna mengantisipasi kegiatan yang berpotensi memancing keramaian seperti menyalakan kembang api dan lainnya.


0 Komentar

    Kirim Komentar


    jogjastreamers

    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JogjaFamily 100,9 FM


    SWARAGAMA 101.7 FM

    SWARAGAMA 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    SOLORADIO 92,9 FM

    SOLORADIO 92,9 FM

    Soloradio 92,9 FM SOLO


    UNISI 104,5 FM

    UNISI 104,5 FM

    Unisi 104,5 FM


    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM


    UNIMMA FM 87,60

    UNIMMA FM 87,60

    Radio Unimma 87,60 FM


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini