Seni & Budaya

Peringati Hari Pahlawan Nasional, Keraton Yogyakarta Gelar Pentas Musikan Mandalasana

Oleh : Moh. Jauhar al-Hakimi / Kamis, 10 November 2022 09:28
Peringati Hari Pahlawan Nasional, Keraton Yogyakarta Gelar Pentas Musikan Mandalasana
Perform ensembel tiup Yogyakarta Royal Orchestra. (Foto : official doc. Keraton Yogyakarta)

Gudeg.net – Abdi Dalem Musikan yang tergabung dalam tim ensembel tiup Yogyakarta Royal Orchestra dibawah naungan KHP Kridhamardawa Karaton Ngayogyakarta Hadininingrat kembali menggelar Pentas Musikan Mandalasana.

Pementasan ini diselenggarakan pada Kamis, 10 November 2022 pukul 10.00 WIB di Kagungan Dalem Bangsal Mandalasana bertepatan dengan peringatan Hari Pahlawan Nasional 2022.

Dalam rilis yang diterima Gudeg.net, Penghageng KHP Kridhamardawa KPH Notogenoro menjelaskan bahwa pada peringatan Hari Pahlawan Nasional 2022 kali ini, Abdi Dalem Musikan kembali ke ‘rumahnya’ yaitu di Bangsal Mandalasana Keraton Yogyakarta, dengan pementasan sepenuhnya luring. Notonegoro menambahkan masyakarat umum bisa menghadiri secara langsung pementasan tersebut.

Dalam pementasan tersebut Pentas Musikan Mandalasana menghadirkan lagu-lagu bertema kebangsaan dan perjuangan seperti: Indonesia Raya; Gati Mardawa; Pada Pahlawan; Pantang Mundur; Pahlawan Merdeka; Puing; Gugur Bunga; Maju Tak Gentar; Bagimu Negri dan Medley Persatuan (Medley lagu Dari Sabang Sampai Merauke, Bhineka Tunggal Ika, dan Garuda Pancasila).

Tim ensembel tiup Yogyakarta Royal Orchestra akan dipandu oleh  konduktor (pengaba) ML. Widyoyitnowaditro. Dalam kesempatan kali ini dua vokalis perempuan yaitu Ika Sri Wahyuningsih dan Okky Kumalasari juga akan memeriahkan Pentas Musikan Mandalasana pada beberapa repertoar.

Pentas Musikan Mandalasana Memperingati Hari Pahlawan ini dapat disaksikan masyarakat umum secara langsung di Bangsal Mandalasana Keraton Yogyakarta. Adapun bagi masyarakat yang ingin menyaksikan, tidak perlu melakukan reservasi terlebih dahulu, namun cukup datang dan membeli tiket masuk wisata Museum Kedhaton Keraton Yogyakarta. Tiket dapat dibeli di area Keben dengan harga Rp8.000,00 untuk wisatawan domestic dan Rp15.000,00 untuk wisatawan mancanegara.

“Meski pentas dilakukan secara luring, kami juga tidak melupakan Sahabat Kraton Jogja yang setia menyimak kami di kanal digital. Bertepatan dengan Pentas Musikan Mandalasana digelar yaitu pada pukul 10.00 akan kami rilis juga di kanal Youtube Kraton Jogja, Album Concerto Nusantara,” sambung KPH Notonegoro.

Album Concerto Nusantara sendiri merupakan album berisikan 6 lagu yang dibawakan dalam Konser Yogyakarta Royal Orchestra – Concerto Nusantara yang digelar pada 21 Juni 2022 lalu untuk memperingati Hari Ulang Tahun Pertama Yogyakarta Royal Orchestra.

Lagu Malam Bainai (Solo Suling-Saluang); Ofa Langga Soba-Soba (Solo Sasando); Lisoi (Sextet Vokal); Concerto Nusantara (featuring Iskandar Widjaja) – Movement I; Concerto Nusantara (featuring Iskandar Widjaja) – Movement II; dan Concerto Nusantara (featuring Iskandar Widjaja) – Movement III akan dapat dinikmati di kanal YouTube Kraton Jogja. Adapun untuk perilisannya di kanal digital lain seperti Spotify dan iTunes, masih dalam proses.

Notonegoro menambahkan perilisan album Concerto Nusantara ini sengaja dilakukan pada momen Hari Pahlawan Nasional, karena semangat persatuan dari lagu-lagu daerah yang ada di Album Concerto Nusantara inilah yang menjadi cikal bakal semangat perjuangan para pahlawan yang diekspresikan melalui repertoar yang akan dibawakan dalam Pentas Musikan Mandalasana.

“Dengan pementasan secara luring ini, kami berharap kerinduan masyarakat dalam menyaksikan pentas musik di dalam keraton secara langsung bisa terobati dan tetap kami imbau untuk tetap mematuhi protokol kesehatan selama menyaksikan pementasan,” pungkas KPH Notonegoro.


0 Komentar

    Kirim Komentar


    jogjastreamers

    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JogjaFamily 100,9 FM


    SWARAGAMA 101.7 FM

    SWARAGAMA 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    SOLORADIO 92,9 FM

    SOLORADIO 92,9 FM

    Soloradio 92,9 FM SOLO


    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM


    GERONIMO 106,1 FM

    GERONIMO 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM


    UNISI 104,5 FM

    UNISI 104,5 FM

    Unisi 104,5 FM


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini