Hiburan

JAFF Bakal Hadir di TBY dan LIP

Oleh : Budi W / Senin, 00 0000 00:00
JAFF Bakal Hadir di TBY dan LIP

Jogja-NETPAC Asian Film Festival (JAFF) adalah satu-satunya festival film di Indonesia yang memfokuskan diri pada perkembangan sinema Asia. JAFF merupakan festival dengan karakter membumi yang mempunyai peran bagi masyarakat, pendidikan, hiburan, pariwisata serta seni budaya.

Selama lima tahun penyelenggaraannya, JAFF bekerjasama dengan NETPAC (Networking and Promoting For Asian Cinema), sebuah lembaga film yang dibentuk oleh pelaku-pelaku film dari berbagai negara di Asia dan berpusat di Srilanka yang bertujuan untuk mempromosikan serta mengembangkan perfilman Asia.

Setiap tahun, JAFF hadir memberikan ruang apresiasi kepada film-film terbaik di Asia. Mulai dari Golden Hanoman Award (ditujukan kepada film terbaik pertama se-Asia), Silver Hanoman Award (ditujukan kepada film terbaik kedua se-Asia), NETPAC Award (Penghargaan kepada film Asia hasil kerjasama antara JAFF dengan NETPAC), Geber Award (penghargaan kepada film terbaik Asia versi komunitas film independen), hingga Blencong Award (penghargaan kepada film pendek terbaik Asia).

Sejak tahun 2006 JAFF sudah mengajak khalayak Jogjakarta untuk mengintepretasikan kehidupan masyarakat Asia yang memiliki banyak kesamaan, mulai dari kebudayaan tradisional, pola bermasyarakat dan budaya populer yang berkembang. Berangkat dengan tema Cinema in the midst of crisis, JAFF#1 berbicara tentang situasi keterpurukan negara-negara Asia diberbagai lini.

Di tahun 2007 JAFF menunjukan persebaran di Asia lewat sinema, mulai dari persebaran budaya hingga migrasi kehidupan sosial dihadirkan di Diaspora JAFF#2. Tema perubahan menjadi topik yang hangat dibicarakan pada JAFF#3. Perubahan dari satu bentuk ke bentuk yang lain atau biasa disebut dengan Metamorphosa menjadi topik sinema dalam wacana yang hangat dibicarakan.

Homeland menjadi tema utama di tahun 2009. JAFF#4 mengingatkan khalayak Jogjakarta untuk selalu bangga dengan tanah air mereka. Jaff#5, hadir dalam tema Recovery, sebuah ajakan menggalang dukungan, saling membantu dan mempererat ikatan solidaritas antarsesama.

Tema Recovery JAFF 2010 berhasil menyumbang bagi pemulihan pasca bencana letusan Merapi. Hal tersebut karena Recovery bukan sekedar terminologi yang mengacu pada pemulihan situasi pasca bencana alam, namun juga segala persoalan sosial yang telah menyebabkan rusaknya tatanan masyarakat madani.

Di tahun 2011 ini, JAFF#6 hadir dengan tema Multitude. Penggambaran Multitude di sini adalah rangkuman ekspresi atas beragam gerakan baik itu sosial maupun seni. Film, di sini menjadi media untuk mengekspresikan keberagaman tersebut, dan multitude juga menjadi refleksi sebuah estetika kesenian dan emansipasi politik pergerakan sinema, khususnya di negara-negara Asia.

JAFF#6 akan hadir pada 13-17 Desember 2011. Dua venue utama yaitu TBY dan LIP menjadi pusat kegiatan pemutaran sinema dari berbagai penjuru Asia. Tidak hanya sinema yang diapresiasikan dalam JAFF#6, kehadiran komunitas film dari beberapa daerah di Indonesia pun membuktikan konsistensi JAFF dalam memberikan ruang apresiasi bagi para sineas muda.

0 Komentar

    Kirim Komentar


    jogjastreamers

    SWARAGAMA 101.7 FM

    SWARAGAMA 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JogjaFamily 100,9 FM


    SOLORADIO 92,9 FM

    SOLORADIO 92,9 FM

    Soloradio 92,9 FM SOLO


    GERONIMO 106,1 FM

    GERONIMO 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM


    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM


    RDS FM

    RDS FM

    Radio Dakwah Solo


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini