Hiburan

Ini 8 Fakta Unik Lebaran di Indonesia Selain Jebakan Kaleng Khong Guan

Oleh : Albertus Indratno / Senin, 27 Juni 2016 12:42
Ini 8 Fakta Unik Lebaran di Indonesia Selain Jebakan Kaleng Khong Guan
Kaleng biskuit Khong Guan yang legendaris. Saat Idul Fitri tiba isi kaleng ini berubah dari biskuit jadi rengginang, peyek atau kacang bawang.


Cepat atau lambat, sebentar lagi Lebaran tiba. Berbagai persiapan telah dilakukan, termasuk kesabaran dan keiklhasan saat menerima kenyataan kaleng Khong Guan isinya bukan biskuit. Masih ada 8 fakta unik lainnya Lebaran di Indonesia. Ini dia; 

#1 Meski ditetapkan secara resmi, namun pelaksanannya berbeda


Inilah menariknya fenomena Lebaran di Indonesia. Meskipun pemerintah telah menetapkan 1 Syawal 1437 H jatuh pada 6 Juli 2017, namun kenyataannya, ada sebagian anggota masyarakat yang merayakan Idul Fitri sesudahnya. Meski begitu, semuanya saling menghargai perbedaan keputusan tersebut. 

#2 Minimal beli sandal baru


Beli sandal baru menjadi aktivitas untuk menyambut Lebaran. Meskipun tidak ada keharusan, namun membeli sandal atau baju baru merupakan upaya menghargai diri sendiri dan ekspresi kegembiraan saat menyambut hari yang fitri itu. 

#3 Lebih setia nunggu THR ketimbang jodoh


Ada dua alasan kenapa Tunjangan Hari Raya (THR) itu penting. Pertama, karena pemerintah sudah mewajibkan perusahaan membayar THR. Bagi yang menunggak ada sanksinya loh. Kedua, kebutuhan saat Lebaran cenderung meroket. Situasi ini juga yang membuat THR bukan lagi Tunjangan Hari Raya, melainkan Turahan Hari Raya (sisa-sisa hari raya).

#4 Ucapan lewat sosial media lebih banyak ketimbang di dunia nyata


Percaya atau tidak, besok saat Lebaran ucapan lebaran di dinding sosial media bakal banyak banget. Ada yang dari mantan. Ada dari keluarga. Ada juga dari mantan keluarga. Kebayang ngga bagaimana pusingnya pemilik sosial media seperti Mark Zuckerberg? 

Tapi anehnya, berapa banyak diantara kita yang datang ke rumah tetangga mengucapkan selamat Idul Fitri dan minta maaf karena selama ini nyebelin? Padahal tetangga itu saudara terdekat. Memang temanmu di Facebook bakalan menolong kalau rumahmu rusak atau anakmu butuh diantar berobat?

#5 Liat Ketupat lebih keren dari anak band


Ketupat menjadi makanan yang paling ikonik saat Lebaran. Biasanya disandingkan bersama opor ayam dan sambal goreng kentang. Rasanya “beda” kalau liat ketupat di minggu-minggu terakhir puasa. Bahkan, saat perut keroncongan ketupat kelihatan lebih seksi ketimbang anak band. 

#6 Baliho dipenuhi iklan pejabat


Kalau biasanya baliho berisi iklan produk komersial, kalau menjelang Lebaran diisi para pejabat atau calon pejabat. Biasanya posenya seragam. Mereka bersandingan dengan istri atau suaminya, menangkupkan tangan, tersenyum. Lalu ada tulisan “Selamat Idul Fitri” dengan latar belakang berwarna hijau. Belum ada kan ucapan selamat yang latarnya merah mudah dan tulisannya putih?

#7 Injury time buat iklan sirup


Inilah saat-saat terakhir masa jaya iklan sirup. Biasanya kesegaran iklan sirup yang lebih banyak es batunya akan selesai dan berganti iklan sarung. Dan di titik-titik inilah muncul kesadaran bahwa ternyata yang bikin sirup itu segar adalah es batunya. Bukan sirupnya. 

#8 SMS template laris manis


Cara kerja SMS Template ini sederhana saja. Tunggu 5 menit, pasti ada sms atau pesan di Whats App yang isinya mengucapkan “Selamat Idul Fitri…bla…bla…bla…” Lalu tinggal send to many atau diteruskan ke orang lain. Kesan personal dan mendalam di sms atau Whats App hampir tidak ada. Pertanyaannya, siapakah pembuat SMS Template ini? 

#9 Jebakan kaleng “Khong Guan”


Kalian pasti tahu banget biskuit legenda bernama Khong Guan. Uniknya, saat Lebaran kaleng ini berubah fungsi. Bukan lagi sebagai tempat biskuit, tapi rempeyek, rengginang, kacang goreng dan lain sebagainya. Buat kamu-kamu yang berharap isinya sama dengan kalengnya, siap-siaplah kecewa. Karena disitulah keimanan dan kesabaranmu diuji.

 

0 Komentar

    Kirim Komentar

    jogjastreamers

    SWARAGAMA 101.7 FM

    SWARAGAMA 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JogjaFamily 100,9 FM


    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM


    GERONIMO 106,1 FM

    GERONIMO 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM


    UNISI 104,5 FM

    UNISI 104,5 FM

    Unisi 104,5 FM


    RAKOSA 105,3 FM

    RAKOSA 105,3 FM

    Rakosa 105,3 FM


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini