Produksi Susu PE di Sleman Rendah

[Expired] 21 - 23 Agustus 2016

Oleh : Budi W / Minggu, 21 Agustus 2016 14:32


Yogyakarta, www.gudeg.net - Jumlah peternak kambing peranakan etawa (PE) di Kabupaten Sleman masih minim namun saat ini berangsur meningkat paska program Merapi project yang diinisiasi oleh Sari Husada tahun 2010 lalu. Secara umum, Dinas Pertanian, Perikanan, dan Kehutanan (DPPK) Sleman pun saat ini juga mendorong masyarakat disekitar Sleman untuk meningkatkan produksi susu PE tersebut.

Ditemui Tim Gudegnet, Kepala Bidang (Kabid) Peternakan, Dinas Pertanian, Perikanan, dan Kehutanan (DPPK) Sleman, Suwandi Aziz mengakui peternak kambing PE saat ini masih kekurangan bibit berkualitas. dampaknya, prduksi susu kambing tidak bisa maksimal, padahal serapan pasar sangat tinggi.

Proses pengajuan bibitpun saat ini telah dilakukan yakni kambing jantan murni PE sebanyak 200 ekor berjenis Saanen. "Jika dilihat hasil produksi, kambing jantan murni PE dikawasan ini baru 20 persen dari total populasi yakni 7000 ekor ternak PE," katanya di Hargobinangun Pakem, Sleman, baru - baru ini.

Melalui tambahan kambing PE jantan murni, diharapkan dapat memperbaiki kualitas bibit yang ada di Sleman, dan selanjutnya dapat meningkatkan produksi susu. Untuk saat ini, produksi susu kambing masih dibawah potensi, mengingat wilayah Sleman utara sangat cocok untuk pengembangan usaha sejenis.

Dilokasi yang sama, Pengawas Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) Anggayuh Makmur, Dusun Boyong, Hargobinangun, Pakem Sleman Suwadi berujar bahwa sejauh ini kelompoknya baru bisa menghasilkan susu kambing sebanyak 25 liter per hari. Adapun jumlah populasi kambing PE tercatat sebanyak 500 ekor.

“Harga susu kambing lebih menggiurkan daripada susu sapi. Untuk itu, kami terus berupaya mendorong produksi untuk meningkatkan kesejahteraan peternak. Tapi kami masih kesulitan mendorong produksi,” kata Suwadi.

Dari jumlah ini, kelompok Anggayuh Makmur mampu memproduksi susu kambing sebanyak 6.000 liter perbulan dengaan hrga jual Rp 16.000 perliter. Sedangkan untuk susu sapi sebanyak 25 liter perhari atau 750 liter perbulan dengan harga jual hanya berkisar Rp 5.000 per liter.

Menurut community and public relations PT Sarihusada Generasi Mahardhika (PT SGM) Endah Prasetioningtias menyampaikan ucapan terimakasih atas dukungan Pemda DIY dan Pemkab Sleman terhadap program Merapi Project yang digagas PT SGM melalui Danone Ecosystem. "Dukungan pemda mampu mendorong program ini benar-benar bermanfaat bagi masyarakat di lereng Merapi," tutupnya ramah.

jogjastreamers

SWARAGAMA 101.7 FM

SWARAGAMA 101.7 FM

Swaragama 101.7 FM


JOGJAFAMILY 100,2 FM

JOGJAFAMILY 100,2 FM

JogjaFamily 100,9 FM


RETJOBUNTUNG 99.4 FM

RETJOBUNTUNG 99.4 FM

RetjoBuntung 99.4 FM



SOLORADIO 92,9 FM

SOLORADIO 92,9 FM

Soloradio 92,9 FM SOLO


GERONIMO 106,1 FM

GERONIMO 106,1 FM

Geronimo 106,1 FM


Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini