Hiburan

Puncak Perayaan Hari Santri Nasional, Santri DIY Gelar Drama Kolosal

Oleh : Rahman / Senin, 22 Oktober 2018 15:30
Puncak Perayaan Hari Santri Nasional, Santri DIY Gelar Drama Kolosal
Para Santri Menampilkan Drama Kolosal Resolusi Jihad KH Hasyim Asy'ari pada saat Perayaan Hari Santri Nasional di Yogyakarta,(22/10),Gudeg.net/Rahman

 

Gudeg.net- Pementasan drama kolosal Resolusi Jihad KH Hasyim Asy’ari puncaki perayaan Hari Santri Nasional di Lapangan Panahan Jalan Kenari Yogyakarta,(22/10). Drama kolosal yang mengangkat cerita tentang perjuangan Kyai Haji Hasyim Asy’ari pada saat turut serta mempertahankan kemerdekaan tanah air melalui agama.

Drama diawali dengan cerita dimana KH Hasyim Asy’ari melakukan pendekatan kepada masyarakat melalui agama agar mau bersama-sama bergabung dengan para pejuang untuk mempertahankan kemerdekaan hingga terjadi konflik dengan penjajah Jepang. KH Hasyim Asy'aripun tertangkap dan terjadi adegan penyanderaan oleh pasukan Jepang.

Drama kolosal ini menampilkan 50 orang santri yang berasal dari perwakilan berbagai pondok pesantren dan madrasah dari wilayah Bantul sebagai pemain.

Resolusi Jihad sendiri adalah sebuah pergerakan yang mengawali terjadinya peristiwa heroik 10 November 1945 di Surabaya yang dikenal dengan Hari Pahlawan. Dan juga merupakan seruan dari para ulama kepada seluruh umat muslim Indonesia agar membela kedaulatan tanah air dan mempertahankan kemerdekaan.  

Seluruh adegan ditampilkan secara menarik dan menghibur oleh para santri dengan iringan musik dengan tema perjuangan menambah keseluruhan cerita menjadi lebih dramatis.

Rudi pemain drama mengatakan,"  Persiapan drama kolosal  ini hanya beberapa hari saja karena kami memainkan nya dalam jumlah fragmen yang tidak terlalu lengkap,hanya menampilkan inti-inti ceritanya saja,"  ujarnya saat diwawancara setelah pertunjukan.

Terlihat Wakil Gubernur Yogyakarta KGPAA Paku Alam X beserta jajarannya merasa terhibur selama penampilan drama kolosal terssebut. Dan Paku Alam X pun sempat memberikan tepuk tangan sebagai tanda apresiasi atas pementasan drama kolosal tersebut.

0 Komentar

    Kirim Komentar

    jogjastreamers

    SWARAGAMA 101.7 FM

    SWARAGAMA 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JogjaFamily 100,9 FM


    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM


    SOLORADIO 92,9 FM

    SOLORADIO 92,9 FM

    Soloradio 92,9 FM SOLO


    MBS 92,7 FM

    MBS 92,7 FM

    MBS 92,7 FM


    GERONIMO 106,1 FM

    GERONIMO 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini