Seni & Budaya

Peringati Hari Santri Nasional, Pemkab Sleman Gelar Kirab Santri 2019

Oleh : Rahman / Rabu, 23 Oktober 2019 13:22
Peringati Hari Santri Nasional, Pemkab Sleman Gelar Kirab Santri 2019
Ribuan santri mengikuti Kirab Hari Santri Nasional 2019 di Lapangan Denggung Sleman,(22/10)Gudeg.net/Rahman

Gudeg.net- Sejak pagi ribuan santri yang berasal dari berbagai daerah di Kabupaten Sleman telah memenuhi Lapangan Denggung, Tridadi Sleman tuntuk mengikuti Kirab Santri, Selasa (22/10) kemarin.

Kirab yang diikuti sekitar 5200 santri ini diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Sleman dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional 2019 yang jatuh pada tanggal 22 Oktober 2019.

Kirab Hari Santri ini diawali dengan upacara yang dipimpin oleh Bupati Sleman Sri Purnomo selaku Inspektur Upacara. Bupati Sleman membacakan sambutan Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin tentang Peringatan Hari Santri Nasional 2019.

“Pada peringatan Hari Santri Nasional ini, para santri Indonesia dapat menjadi salahsatu bagian dari penggerak perdamaian karena sejatinya pesantren adalah laboratorium perdamaian,” ujarnya.

Menurut Lukman Hakim, santri, pesantren dan perdamaian saat ini merupakan satu bagian yang tidak dapat terpisahkan. Pesantren adalah tempat menyemai ajaran rahmatanlilalamin, Islam ramah dan moderat dalam bergama. Sikap moderat dalam Bergama sangat penting bagi masyarakat plural dan multicultural.

“Sejatinya santri memiliki kontribusi dalam perjuangan berdirinya NKRI. Santri dan ulama se Indonesia juga berperan mempertahankan kemerdekaan dari berbagai ancaman,” jelasnya.

Sementara itu Ketua Panitia Hari Santri Nasional Kabupaten Sleman 2019 Maimun Afifi mengatakan, kirab ini adalah puncak dari perayaan Hari Santri Nasional 2019 di Kabuptaen Sleman

 “Selain kirab kami juga menyelenggarakan sejumalah agenda seperti Festival Rebana di Mesjid Agung, Porseni Maarif, Lomba Mewarnai Santri Kecil, Ziarah Ke Tokoh Ulama,” ungkapnya.

Maimun menambahkan, peringatan Hari Santri tahun ini mengangkat tema Santri Indonesia untuk Perdamaian Dunia. Santri juga diharapkan dapat selaras dengan perubahan jaman yang semakin pesat terlebih di era globalisasi.

“Santri harus dapat berkembang baik secara pendidikan maupun sosial sehingga nantinya dapat berbagi dan berkontribusi di masyarakat,” harap Maimun.

Kirab Santri mengambil titik awal dan akhir di Lapangan Denggung dengan rute mengililingi komplek Perkantoran Pemkab Sleman.

0 Komentar

    Kirim Komentar

    jogjastreamers

    SWARAGAMA 101.7 FM

    SWARAGAMA 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JogjaFamily 100,9 FM


    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM


    SOLORADIO 92,9 FM

    SOLORADIO 92,9 FM

    Soloradio 92,9 FM SOLO


    MBS 92,7 FM

    MBS 92,7 FM

    MBS 92,7 FM


    ARGOSOSRO FM 93,2

    ARGOSOSRO FM 93,2

    Argososro 93,2 FM


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini