Kesehatan

Wujudkan Lansia Berkualitas di Era Modern

Oleh : Karni Narendra / Kamis, 01 November 2018 15:02
Wujudkan Lansia Berkualitas di Era Modern

Gudeg.net - Populasi Lansia (Lanjut Usia) yang semakin meningkat di Indonesia menimbulkan permasalahan sendiri termasuk salah satunya faktor kesehatan. Berdasarkan data yang diperoleh dari Rikesdas 2013, Lansia berpotensi  mengalami penyakit tidak menular yang berpengaruh pada kesehatan Lansia, seperti gangguan fisik yang didominasi oleh penyakit radang sendi, tekanan darah tinggi, bronchitis dan yang lainnya.

Hal tersebut dikaji lebih lanjut pada kegiatan Summer Course 2018 yang diselenggarakan oleh Fakultas Kedokteran, kesehatan Masyarakat dan Keperawatan (FK-KMK UGM) yang bekerjasama dengan Fakultas Kedokteran Gigi UGM  serta Fakultas Farmasi UGM.

Kegiatan bertemakan “Health Related Program in Elderly “ ini melibatkan 57 peserta yang terdiri dari 34 mahasiswa UGM dan 23 peserta dari Universitas luar negeri diantaranya Thailand, Malaysia, Belanda, Singapura, Jepang, dan Yunani. Summer Course ini berlangsung hampir tiga minggu (29 Oktober – 16 November 2018) dengan melakukan kuliah lapangan di Kulonprogo dan kunjungan ke Panti Wredha.

Dalam kesempatan ini peserta akan belajar mengenai sistem pelayanan lansia. Kegiatan yang telah dilakukan selama tiga tahun berturut-turut ini juga bertujuan untuk integritas lintas disipilin ilmu. “Dan ini merupakan program unggulan ,dengan adanya kegiatan semacam ini diharapkan mampu menjadi transfer knowledge, dengan dilakukannya diskusi bisa salaing bersinergi,” jelas Abdul Wahab, Koordinator Lapangan Summer Course 2018.

Fatchan Kepala Balai Pelayanan Panti Sosial Tresna Werdha Abiyoso menambahkan Balai Pelatihan sosial ini hadir untuk menjawab permasalahan mengenai meningkatnya populasi lansia di DIY. Saat ini Panti Werdha Abiyoso menampung 214 lansia yang terdiri dari Laki-laki (72) dan perempuan (142) dan berusia di atas 66 tahun.

Para lansia tersebut dilayani sesuai dengan kebutuhannya mulai dari kegiatan fisik, kesehatan hingga bimbingan agama. “Lansia tersebut diajari mandiri sesuai dengan kondisinya, harapan kami lansia itu sehat dan berguna, dengan melibatkan ke kegiatan-kegiatan sehingga akan merasa berguna,” tutur Fatchan.   

Para peserta summer course 2018 tampak antusias dalam mengikuti kegiatan pelayanan lansia di Panti Werdha Abiyoso. Mereka tampak dengan sabar melakukan komunikasi dengan lansia yang ada di panti. Setelah melakukan kuliah lapangan di beberapa puskesma di kulonprogo, kegiatan akan akan diakhiri dengan presentasi pembelajaran mereka selama di lapangan. 


0 Komentar

    Kirim Komentar


    jogjastreamers

    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JogjaFamily 100,9 FM


    SWARAGAMA 101.7 FM

    SWARAGAMA 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    UNIMMA FM 87,60

    UNIMMA FM 87,60

    Radio Unimma 87,60 FM


    UNISI 104,5 FM

    UNISI 104,5 FM

    Unisi 104,5 FM


    GERONIMO 106,1 FM

    GERONIMO 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM


    SOLORADIO 92,9 FM

    SOLORADIO 92,9 FM

    Soloradio 92,9 FM SOLO


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini