Hiburan

Donasikan Penjualan Buku, Cara Jurnalis Foto Ini Bantu Warga Terdampak Covid-19

Oleh : Rahman / Minggu, 07 Juni 2020 15:37
Donasikan Penjualan Buku, Cara Jurnalis Foto Ini Bantu Warga Terdampak Covid-19
Pewarta foto senior Boy T Harjanto saat menjajakan buku fotografi miliknya di Kawasan Malioboro Yogyakarta. Hasil penjualannya akan didonasikan kepada warga lereng Gunung Merapi yang terdampak pandemi Covid 19, Sabtu (6/6) - Gudeg.net/Rahman

Gudeg.net- Di tengah pandemi Covid-19 masih banyak sejumlah orang yang berbaik hati memberikan bantuan dengan cara yang berbeda-beda.

Gerakan maupun aksi sosial tersebut mulai dari komunitas maupun personal, salah satunya dilakukan seorang pewarta foto senior Boy T Harjanto.

Pria yang akbrab disapa Boy atau Mas Boy ini berinisiatif untuk memberikan bantuan kepada pelaku pariwisata yang berada di lereng Gunung Merapi dari hasil penjualan buku yang ia hasilkan.

“Awalnya saya melihat pariwisata lereng Gunung Merapi yang sangat sepi dan kebetulan saya sering berada disana. Maka tercetuslah ide untuk berbagi dengan cara ini,” ujar Boy T Harjanto saat menjajakan bukunya di kawasan Malioboro, Sabtu (6/6).

Boy menjelaskan, dirinya menyiapkan sekitar lima buah buku fotografi yang akan dijual dan seluruh hasil penjualan akan disalurkan untuk membantu warga lereng Merapi. Rencananya bantuan akan diberikan dalam bentuk sembako seperti beras atau bahan kebutuhan sehari-hari lainnya.

“Saya hanya memiliki sejumlah buku-buku fotografi dan ini lah yang akan saya donasikan, hasil penjualan seluruhnya akan saya donasikan untuk warga disana (lereng Merapi),” jelasnya.

Boy sendiri merupakan salah satu fotografer jurnalistik yang juga mengalami dampak dari mewabahnya virus cornoa. Beberapa saat lalu dirinya sudah tidak dapat lagi mengisi salah satu kantor berita Nasional yang menjadi tempat dirinya bernaung.

“Walaupun saya juga terdampak adanya Covid-19 ini namun hal itu tidak menyurutkan niat saya untuk ingin berbagai dengan apa yang saya punya dan apa bisa saya hasilkan. Yang penting tetap semangat,” tutur pria kelahiran Surakarta itu.

Boy mengungkapkan, lima buah buku yang dijual berisikan kumpulan foto hasil jepretan dirinya selama menggeluti bidang fotografi jurnalistik di sejumlah daerah. Buku tersebut yaitu Merapi Volcano, Erupsi Merapi, MT. Merapi, Kelud dan Java Volcano Eruption.

“Satu buku saya hargai Rp.50 ribu rupiah dan hingga saat ini sudah cukup banyak yang membeli baik untuk kalangan sendiri maupun untuk referensi kampus yang ada studi jurnalistiknya,” ungkapnya.

Ia berharap dengan aksi ini dapat sedikit membantu warga lereng Gunung Merapi terutama pada sektor pariwisata yang mati suri saat pandemi Covid-19 ini melanda Yogyakarta.

“Mudah-mudahan dapat bermanfaat dan tidak lupa saya ucapkan terimakasih bagi para pembeli buku saya yang merupakan juga donatur untuk kegiatan ini,” harapnya.

Bagi masyarakat yang berminat untuk membeli buku kumpulan hasil karya jurnalistik dari Boy T Harjanto dapat mengakses melalui akun media sosial instagram miliknya yaitu di @boyharjanto.

0 Komentar

    Kirim Komentar

    jogjastreamers

    SWARAGAMA 101.7 FM

    SWARAGAMA 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    MBS 92,7 FM

    MBS 92,7 FM

    MBS 92,7 FM


    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM


    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JogjaFamily 100,9 FM


    SOLORADIO 92,9 FM

    SOLORADIO 92,9 FM

    Soloradio 92,9 FM SOLO


    RAKOSA 105,3 FM

    RAKOSA 105,3 FM

    Rakosa 105,3 FM


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini