Kuliner

KBE: Datang Kongko Sore, Pulang dengan Kabar Baik

Oleh : Trida Ch Dachriza / Selasa, 30 Juni 2020 14:40
KBE: Datang Kongko Sore, Pulang dengan Kabar Baik
Beberapa menu makanan di Kabar Baik Eatery-Gudegnet/Trida

Gudeg.net—Kabar baik bagi penikmat kegiatan nyore tau kongko sore sambil menunggu senja di kawasan utara Jogja. Kabar Baik Eatery (KBE) kini hadir dan memberikan ruang untuk berbincang, berkutat dengan pekerjaan, atau bahkan berkontemplasi.

Terletak di Jalan Pamularsih No.152b, Ngabean Wetan, Sinduharjo, Ngaglik, Sleman, tempat ini berada di lingkungan residensial. Hal ini membuat KBE nyaman tanpa kebisingan jalan yang berarti. Pas untuk yang mencari tempat tenang tanpa harus jauh menelusur hingga utara.

Cukup mudah menenmukan lokasinya. Selain sudah GPS-ready, kita cukup mencari SMPN 1 Depok, lalu ke utara lagi sekitar 300 meter. KBE akan tampak di sebelah kiri jalan.

Tidak mungkin terlewat dari pandangan mata. Tempat yang cukup luas dan warna-warni ini selain eye-catching juga menyejukkan mata. Dipenuhi dengan tanaman rambat, bahkan ilalang, dan gerbang kuning yang berdiri sendiri ala gerbang Kuil Torii Jepang, tempat sangat instagenic.

kabar baik eatery-gudegnet/trida
Gerbang ala gerbang Kuil Torii di Jepang-Gudegnet/Trida

“Konsep tempat ini kami kerjakan bersama anak muda untuk desain tanaman dan warna-warnanya. Kami kadang berusaha mengikuti (selera) anak muda kadang tetap gak nyampe,” cerita Fransiska Nuke, pemilik tempat ini sambil tertawa saat berbincang dengan Gudegnet, Jumat (26/7).

Nuke, panggilan akrabnya, bercerita bahwa KBE seharusnya dibuka bulan Maret 2020 lalu. Hanya saja pada tanggal tersebut sedang panas-panasnya isu penyebaran Covid-19. Ia dan suaminya pun memutuskan untuk menunda pembukaan KBE.

Lalu mereka mengamati keadaan sudah berangsur menjadi new normal. Banyak tempat makan maupun kedai kopi sudah buka kembali dengan menerapkan protokol kesehatan yang cukup ketat. Pada 12 Juni 2020 akhirnya kedai berkapasitas 65 orang ini dibuka untuk publik.

Hikmah dari penantian tersebut adalah, semua tanaman yang ditanam sudah tumbuh subur dan rimbun. Tepat seperti kondisi yang diinginkan.

kabar baik eatery-gudegnet/trida
Bagian dalam 'limasan' atau pendopo di Kabar Baik Eatery-Gudegnet/Trida

“Nama ‘Kabar Baik’ sudah lama ingin kami jadikan nama warung. Saya dan Nuke ingin punya tempat yang bisa memberikan hal postif bagi orang yang datang. Entah kesan ceria, atau pulang dari sini mereka mendapatkan hal yang baik entah dari ambiance, rasa, pertemuan, apapun itu jika mereka pulang dengan membawa perasaan yang baik itu adalah kabar baik,” jelas Ison S Satriyo saat bercerita tentang filosofi di balik nama Kabar Baik Eatery. Ison adalah pemilik yang juga merupakan suami Nuke.

Pasangan ini bukan pemain baru di dunia kuliner dan ‘per-nongkrong-an’ Jogja. Pada tahun 2004 silam, saat aktivitas kuliner dan kongko belum semasif saat ini, mereka sudah menjalankan café legendaris di daerah Selokan Mataram bernama ‘Cheers’.

Bagi ‘wong lawas Jogja’, terutama yang pada awal dekade 2000-an masih mahasiswa dan berada di daerah kota ke utara, nampaknya agak mustahil tidak mengetahui tempat ini. Selain ‘Cheers’ mereka juga membuka “Shine’ yang kini di-upgrade menjadi ‘Re-Shine’, masih di kawasan Selokan Mataram.

Signature drink di tempat ini adalah KBE Harum dan KBE Hazel. KBE Harum adalah kopi susu yang menggunakan biskuit Marie Regal dan perasa rum. Sedangkan KBE Hazel menggunakan perasa hazelnut dan es krim. Keduanya merupakan minuman espresso-based.

Tidak hanya kopi-kopian, banyak pula minuman segar lainnya. Berbagai varian teh, punch buah, berbagai kombinasi jus, dan smoothie menjamin semua orang bisa mendapatkan banyak pilihan saat memesan.

kabar baik eatery-gudegnet/tridaMenu Berry Jump dan Red Berry di Kabar Baik Eatery-Gudegnet/Trida

Makanan andalannya sendiri ada Nasi Goreng Kemangi untuk andalan makanan berat, dan Potato Skin sebagai andalan makanan ringan alias snack.

Walaupun dikatakan ‘snack’, menu Potato Skin cukup mengenyangkan jika dikonsumsi satu orang. Menu lain ada Nasi Goreng Seafood, RB Cabai Garam, RB Sambal Matah, Nasi Goreng Teri, dan banyak lainnya.

kabar baik eatery-gudegnet/tridaMenu Potato Skin-Gudegnet/Trida

Nuke mengakui jika di awal buka ini masih akan ada trial and error serta membaca pasar. Menu masih akan mengalami pergantian, selain menu signature. Hingga mereka menemukan formula yang pas untuk pengunjung, menu masih mungkin berubah.

Buka dari pukul 14.00 hingga 21.00 WIB, waktu terbaik tentu saja sore hari saat matahari sudah tidak ganas. Selain teduh, jika senang berfoto, pada golden dan blue hour foto akan jadi cantik. Bagi yang ingin bekerja atau berkutat dengan laptop, KBE sudah menyediakan WiFi.

kabar baik eatery-gudegnet/trida
Jangan khawatir jika membawa kendaraan, terutama mobil. Jalan menuju KBE memang tidak terlalu besar, namun KBE memiliki lahan parkir yang cukup mumpuni.

Bagian depan dapat memuat sekitar empat hingga lima mobil. Bagian belakang dapat memuat puluhan motor. Jika dirasa masih kurang, masih ada lahan kosong di seberang yang dapat menjadi tempat parkir.

Yuk, bersua di KBE, nyore sambari menunggu kabar baik. Jangan lupa untuk mencuci tangan di tempat yang sudah disediakan dan jaga jarak.

kabar baik eatery-gudegnet/trida

1 Komentar

  1. Tarto Selasa, 07 Juli 2020

    congrats Dab Ison!!

Kirim Komentar

jogjastreamers

SWARAGAMA 101.7 FM

SWARAGAMA 101.7 FM

Swaragama 101.7 FM


JOGJAFAMILY 100,2 FM

JOGJAFAMILY 100,2 FM

JogjaFamily 100,9 FM


RETJOBUNTUNG 99.4 FM

RETJOBUNTUNG 99.4 FM

RetjoBuntung 99.4 FM


GERONIMO 106,1 FM

GERONIMO 106,1 FM

Geronimo 106,1 FM


MBS 92,7 FM

MBS 92,7 FM

MBS 92,7 FM


ARGOSOSRO FM 93,2

ARGOSOSRO FM 93,2

Argososro 93,2 FM


Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini