Pariwisata

Gembira Loka Zoo Siap Buka Kembali dengan Protokol Kesehatan

Oleh : Rahman / Kamis, 09 Juli 2020 12:26
Gembira Loka Zoo Siap Buka Kembali dengan Protokol Kesehatan
Suasana wahana burung di tepi danau Gembira Loka Zoo Yogyakarta (2019)-Gudeg.net/Rahman

Gudeg.net- Objek wisata kebun binatang Gembira Loka Zoo sedang bersiap membuka kembali untuk kunjungan wisatawan dengan menerapkan protokol kesehatan.

“Penerapan protokol kesehatan telah kami persiapkan secara matang sebagai acuan saat pembukaan nanti. Rencananya Gembira Loka akan kami buka pada akhir bulan Juli ini,” ujar Direktur Utama Gembira Loka Zoo KMT A. Tirtodiprojo, Kamis (9/7).

Ia menjelaskan, nantinya protokol kesehatan tidak hanya berlaku bagi para pengunjung akan tetapi juga kepada sumber daya manusia (SDM) yang dimiliki GL Zoo. Tujuannya agar seluruh orang yang berada di dalam area GL Zoo dapat terbiasa dengan protokol yang ada.

“Kami perlu melatih dan membiasakan para karyawan di sini agar tidak merasa canggung dalam melaksanakan tugas menerapkan protokol kesehatan kepada pengunjung nantinya,” jelas pria yang akrab di sapa Joko tersebut.

Sementara itu Manager Pemasaran GL Zoo Yosi Hermawan mengungkapkan, GL Zoo telah melakukan simulasi persiapan menjelang operasional kembali yang dihadiri oleh sejumlah pejabat Pemerintah Kota Yogyakarta.

“Kemarin kami sudah melakukan simulasi internal persiapan operasional yang dihadiri oleh Ketua Harian Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kota Yogyakarta Heroe Poerwadi dan beliau cukup puas dengan kesiapan kami,” ungkapnya.

Protokol kesehatan yang telah dipersiapkan GL Zoo diantaranya meningkatkan sarana dan prasarana seperti penambahan bak cuci tangan yang saat ini telah terpasang 120 buah dan penempatan hand sanitizer disejumlah titik.

Selain itu, para pengunjung nantinya akan di cek suhu tubuhnya pada saat di pintu masuk dengan batasan maksimal 37,5 derajat selsius, wajib menggunakan masker dan saling menjaga jarak ketika berada di pintu loket.

Menurut Yosi, untuk physical distancing, pihaknya telah memasang sejumlah tanda yang harus diikuti oleh pengunjung. Penunjuk arah bertujuan agar nantinya pengunjung dapat berjalan satu arah dan tidak bolak balik seperti sebelum adanya wabah Covid-19.

“Penunjuk kami pasang pada sejumlah lokasi strategis dan pengunjung harus mengikuti arah perjalanan yang telah ditentukan, sehingga tidak bebas lagi seperti dulu. Semua akan satu arah nantinya,” tuturnya.

Sedangakan untuk pembelian tiket masuk dapat dilakukan secara online sehari sebelum kedatangan. Untuk pembayaran dapat dilakukan melalui transfer atau langsung di loket pada hari kunjungan.

Pihak GL Zoo juga memberlakukan sistem pembayaran non tunai untuk keperluan bertransaksi di dalam area yang dapat diisi atau di-top-up pada saat berada di loket tiket.

Yosi menambahkan, bagi masyarakat yang membutuhkan informasi lebih lanjut, dapat mengakses di website resmi GL Zoo di laman https://gembiralokazoo.com/ atau melalui media sosial @glzoojogja.

Pembukaan pertama di akhir bulan Juli mendatang GL Zoo akan mempersiapkan sekitar 1.500 tiket kunjungan dan akan ditingkatkan jumlahnya setelah adanya evaluasi dari Pemkot Yogyakarta dan Tim Gugus Tugas Penaganan Covid-19 Yogyakarta.

0 Komentar

    Kirim Komentar

    jogjastreamers

    SWARAGAMA 101.7 FM

    SWARAGAMA 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JogjaFamily 100,9 FM


    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM


    SOLORADIO 92,9 FM

    SOLORADIO 92,9 FM

    Soloradio 92,9 FM SOLO


    GERONIMO 106,1 FM

    GERONIMO 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM


    ARGOSOSRO FM 93,2

    ARGOSOSRO FM 93,2

    Argososro 93,2 FM


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini