Teknologi

Tim Garuda Eco UNY Masuk 5 Besar di Kompetisi Internasional Shell-Eco Marathon Virtual League

Oleh : Trida Ch Dachriza / Minggu, 15 Agustus 2021 13:00
Tim Garuda Eco UNY Masuk 5 Besar di Kompetisi Internasional Shell-Eco Marathon Virtual League
Tim Garuda Eco UNY/Dok. Shell Indonesia

Gudeg.net—Tim Garuda Eco dari Universitas Negeri Yogyakarta berhasil masuk dalam lima besar kompetisi internasional, Shell Eco-Marathon (SEM) Virtual League 2021.

Ajang bergengsi ini menampilkan berbagai terobosan dan inovasi dalam bidang efisiensi energi untuk mobilitas masa depan.

“Kami bangga dengan pencapaian tim-tim Indonesia di Shell Eco-Marathon Virtual League 2021 ini, terlebih dengan tantangan yang harus dihadapi dikarenakan kondisi pandemi COVID-19. Prestasi ini merupakan wujud nyata dari tema kemerdekaan Indonesia di tahun ini – Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh," ujar Dian Andyasuri, President Director dan Country Chair Shell Indonesia dalam keterangan tertulis yang diterima Gudegnet, Jumat (13/8).

Ia melanjutkan, kompetensi, ketangguhan dan kreasi inovasi yang ditunjukkan oleh anak muda bangsa juga menjadi semangat tersendiri bagi Shell untuk terus berkontribusi dalam mendorong ide-ide baru untuk mobilitas yang lebih ramah lingkungan.

Menurutnya, melalui kompetisi ini, Shell ingin mengajak generasi muda Indonesia untuk bersama-sama mencari solusi dalam menjawab tantangan energi untuk masa depan.

Penjurian SEM Virtual League 2021 diselenggarakan melalui rangkaian kompetisi yang berlangsung dari September 2020 hingga Juli 2021. Rangkaian ini mencakup Virtual Technical Inspection, Off-Track Awards, Pitch the Future, dan Road to 2050 yang menjadi tantangan bonus bagi setiap tim untuk menambah poin mereka. 

Dalam rangkaian kompetisi tersebut, lima tim dari Indonesia berhasil menunjukkan daya saingnya dengan meraih berbagai posisi juara:

- Tim Garuda Eco Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), juara ke-2 Virtual Technical Inspection untuk kategori Urban Concept;

- Tim Sapuangin Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), juara ke-3 Virtual Technical Inspection untuk kategori Urban Concept;

- Tim Semar Proto Universitas Gadjah Mada (UGM), juara ke-2 Virtual Technical Inspection untuk kategori Prototype;

- Tim Semeru I Universitas Negeri Malang (UNM), juara ke-3 Virtual Technical Inspection untuk kategori Prototype;

- Tim Sadewa Universitas Indonesia (UI), juara ke-2 di kompetisi bonus Road to 2050.

Kompetisi ini terdiri dari beberapa kompetisi virtual dimana para peserta bersaing mengumpulkan poin sebanyaknya untuk menjadi pemenang Global Virtual League.

UNY berhasil menduduiki posisi kelima dari total 464 tim dari seluruh dunia. Pemenang pertama disabet oleh Tim Averera dari Indian Institute of Technology BHU.

Indonesia menjadi negara dengan peserta terbanyak di SEM Virtual League, dengan jumlah 40 tim dari 30 institusi pendidikan.


0 Komentar

    Kirim Komentar


    jogjastreamers

    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JogjaFamily 100,9 FM


    SWARAGAMA 101.7 FM

    SWARAGAMA 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    SOLORADIO 92,9 FM

    SOLORADIO 92,9 FM

    Soloradio 92,9 FM SOLO


    GERONIMO 106,1 FM

    GERONIMO 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM


    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM


    UNISI 104,5 FM

    UNISI 104,5 FM

    Unisi 104,5 FM


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini