Seni & Budaya

Bermain Pesan Dengan Poster

Oleh : Budi W / Senin, 00 0000 00:00
Bermain Pesan Dengan Poster

Poster, kadang banyak diantara kita yang memandang sebelah mata tatkala benda itu diletakkan pada tembok sisi jalan raya. Namun jangan salah anda menafsirkan benda yang satu ini. Meskipun sederhana, namun poster merupakan media informasi yang cukup edukatif. Contoh riil dari poster yang bernilai luar biasa adalah Pameran poster Internasional yang telah berlangsung dari tanggal 11 januari 2011 hingga 17 Januari 2011 di Bentara Budaya yogyakarta. Meskipun hari ini adalah hari terakhir pameran, namun antusiasme pengunjung sangat bangus. Hal ini dibuktikan oleh daftar isi yang selalu penuh di meja panitia.
Kira-kira pesan apa yang bisa kita dapatkan dari pameran ini? pertanyaan ini pasti bergelayut di pikiran anda. Memasuki areal gedung Bentara Budaya, anda langsung akan disambut oleh beberapa koleksi yang telah terpampang di depan anda. Pesan dari poster tersebut bisa anda lihat dan anda rasakan cukup dengan melihat dan menafsirkan kata-kata singkat yang ada di dalam nya. Ya, World Silent Day lah yang jadi topik utama garapan desainer-desainer berbakat itu. Setidaknya kita akan mengerti apa yang dirasakan oleh bumi kita yang semakin lama semakin tua.
Bencana alam yang ada, merupakan sebuah pesan yang harus kita tafsirkan bersama. Pesan tuhan yang nyata ini, hendaknya dapat merubah pikiran kita untuk lebih memperhatikan bumi tempat kita berpijak. Poster pertama dibuat oleh seorang India bernama Mayuni Nikumb. Ia mendeskripsikan World Silent Day sebagai sebuah kampanye untuk memberikan sedikit waktu bagi bumi untuk beristirahat meski hanya 4 jam saja. Kegiatan positif ini, sebenarnya terinspirasi oleh umat Hindu yang merayakan tahun Baru Saka dengan tidak melakukan aktivitas apapun.
Kita tidak perlu menjadi super hero layaknya cerita dongeng maupun cerita fiksi. Mencoba untuk mematikan alat-alat elektronik seperti TV, AC, Komputer dan kendaraan selama 4 jam saja, ternyata membantu bumi ini untuk rehat sejenak akan polusi CO2. Lakukan hal-hal tersebut di lingkungan hidup kita, niscaya kita telah membantu mengurangi dampak buruk dari aktivitas manusia selama ini. 21 Maret 2011 nanti, setidaknya menjadi semangat kita untuk melakukan apa yang positif demi kelangsungan generasi kita. 4 jam saja, dari jam 10.00-14.00. Semoga spirit yang mereka berikan, menjadi inspirasi yang bermanfaat bagi kita semua.
 

0 Komentar

    Kirim Komentar


    jogjastreamers

    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JogjaFamily 100,9 FM


    SWARAGAMA 101.7 FM

    SWARAGAMA 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    SOLORADIO 92,9 FM

    SOLORADIO 92,9 FM

    Soloradio 92,9 FM SOLO


    UNISI 104,5 FM

    UNISI 104,5 FM

    Unisi 104,5 FM


    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM


    UNIMMA FM 87,60

    UNIMMA FM 87,60

    Radio Unimma 87,60 FM


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini