Kesehatan

Dijawab Ahlinya! 3 Pertanyaan Terpenting Saat Anda Mengajak Anak Nonton Ngayogjazz 2015

Oleh : Albertus Indratno / Jumat, 13 November 2015 22:04

Pertanyaan

Selamat pagi dokter Wikan,

Terima kasih karena selalu setia mengisi rubrik kesehatan anak di www.gudeg.net. Bagi saya, ini momen istimewa dimana pengetahuan, pengalaman serta kebaikan dokter bisa terdokumentasikan lewat tulisan. 

Perkenalkan, nama saya Abriana. Usia 34 tahun. Putra saya umurnya 4 tahun. Puji Tuhan dia sehat dan selalu semangat. Dan semoga selalu begitu.

Kami saat ini tinggal di Jakarta. Tapi pada 21 November besok mau ke Jogja. Selain ketemu teman-teman pas kuliah, juga mau nonton konser jazz Ngayogjazz 2015 di Desa Budaya Pandowoharjo, Sleman, Yogyakarta. 

Karena saya akan nonton sama si kecil, kira-kira apa saja yang mesti saya persiapkan dan waspadai dokter? Apakah dia perlu mengkonsumsi multivitamin atau bagaimana? Dan karena ini konser yang sebagian besar ditonton orang dewasa, adakah hal-hal yang sangat perlu saya perhatikan?

Atas perhatian dan bantuannya saya ucapkan terima kasih. 


Salam sehat

 

Abriana, tinggal di Bintaro, Jakarta. 

Jawaban 

Halo Ibu Abriana di Bintaro, Jakarta.

Selamat siang dan terima kasih atas kiriman e-mailnya. Selain itu, saya juga menyampaikan kegembiraan yang sangat, karena rubrik konsultasi kesehatan ini dimintai oleh banyak kalangan, termasuk dari Bintaro.

Saya juga menaruh hormat yang tinggi, karena Ibu Abriana yang penggemar berat Jazz, sangat bersemangat untuk hadir pada konser jazz Ngayogjazz 2015 di Desa Budaya Pandowoharjo, Sleman, Yogyakarta.  Sebuah even music yang luar biasa dan layak dipromosikan sebagai daya tarik Jogja Istimewa.

Kalau putera Ibu Abriana yang baru berusia 4 tahun akan ikut dalam semua acara ibu, memang perlu tambahan persiapan. Pertama-tama, kunjungilah dokter yang selama ini memantau kesehatan putera ibu di Bintaro. Mohonkan pertimbangan apa saja yang harus disiapkan, juga data penyakit apa saja yang pernah terjadi dan harus diketahui. Sebaiknya meminta dokter tersebut membuat tulisan dalam surat keterangan dokter, agar dapat ditunjukkan kepada dokter lain yang melanjutkan pemantauan kesehatan putera ibu.

Kalau perjalanan ke Jogja dilakukan dengan naik pesawat terbang, laporkanlah kepada petugas maskapai, kalau ibu mengajak seorang anak berusia 4 tahun. Berikan makanan kecil dan anjurkan putera ibu mengunyah, terutama saat pesawat akan mendarat (landing), agar telinga tidak pekak. Kenakanlah pakaian yang cukup hangat, sebab AC pesawat mungkin terlalu dingin, atau hembusan angin saat berjalan dari gedung terminal ke badan pesawat, bertiup sangat kencang. 

Kalau perjalanan ke Jogja dilakukan dengan naik kendaraan umum jalur darat, kenakanlah juga masker hidung atau kacamata pelindung. Perlindungan ini diperlukan, agar putera ibu tidak mudah mengalami iritasi saluran napas dan mata, karena adanya polusi udara, asap knalpot, penumpang lain yang sedang sakit ataupun asap rokok. Berikanlah makanan dan minuman selama perjalanan, sesuai dengan jam makan. Selain itu, usahakan putera ibu jangan sampai kelaparan ataupun sebaliknya, kekenyangan, sebab akan memudahkan terjadinya mabuk perjalanan.

Pada saat menikmati Ngayogjazz 2015, jangan lupa perlindungan terhadap anak tetap diberikan. Pertama adalah aspek keamanan, yaitu agar putera ibu tidak terlepas dari pengamatan, terpisah dari ibu, tersesat di lokasi acara, atau bahkan mengalami kecelakaan atau cidera, baik karena benda tajam, runcing, panas, licin, ataupun berarus listrik. Kalau memungkinkan, hindari berdekatan dengan para penonton yang merokok, agar tidak menjadi perokok pasif.

Selain itu, sesuaikan waktu yang digunakan menonton acara, bukan sekedar kepuasan pribadi, tetapi juga kebugaran anak. Kalau putera ibu sudah menunjukkan tanda kelelahan atau cuaca tidak bersahabat, sebaiknya segera diajak kembali ke penginapan, untuk beristirahat, meskipun ibu Abriana masih sangat ingin melanjutkan menonton di lokasi.

Setelah semua acara reuni ataupun Jazz selesai, oleh karena itu acara untuk ibu, sebaiknya putera ibu juga diberi kesempatan menikmati acaranya sendiri. Mengajaknya ke Taman Pintar, GL Zoo, KidFans ataupun XT Square yang menggelar berbagai acara khusus untuk anak, layak dipertimbangkan. Tentunya juga agar putera ibu merasakan sensasi liburan seru, tidak hanya khusus untuk ibu dan teman kuliah, tetapi juga untuk putera ibu sendiri. 

Kalau terjadi gangguan kesehatan selama liburan ini, berikan pertolongan pertama dengan obat yang dibekalkan oleh dokter di Bintaro. Namun demikian, apabila tidak menunjukkan perbaikan, saya menganjurkan ibu membawanya ke RS atau dokter di Jogja yang terdekat dari tempat ibu menginap, agar diberikan tambahan penanganan. Jelaskanlah juga tentang rencana kepulangan ke Bintaro, agar dokter di Jogja dapat merancang penanganan terpadu, sampai ibu Adriana dan putera sampai pulang di rumah Bintaro. Semoga liburan dengan putera tercinta kali ini, penuh sensasi, reuni, konsumsi dan pasti akan terulang kembali. Selamat menikmati semuanya, terutama Ngayogjazz 2015. Terima kasih

Salam sehat,

 


DR. Dr. Fx. Wikan Indrarto, SpA

Rumah Sakit Bethesda 

Yogyakarta 

0 Komentar

    Kirim Komentar

    jogjastreamers

    SWARAGAMA 101.7 FM

    SWARAGAMA 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JogjaFamily 100,9 FM


    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM



    RAKOSA 105,3 FM

    RAKOSA 105,3 FM

    Rakosa 105,3 FM


    UNISI 104,5 FM

    UNISI 104,5 FM

    Unisi 104,5 FM


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini