Berita

Muncul Istilah 'New Normal' di Tengah Pandemi, Ini Penjelasannya

Oleh : Rahman / Senin, 18 Mei 2020 13:24
Muncul Istilah 'New Normal' di Tengah Pandemi, Ini Penjelasannya
Warga mencuci tangan seagai salah satu aturan protokol kesehatan cegah Covid-19 di Pedestrian Malioboro (2020)Gudeg.net/Rahman

Gudeg.net- Perkembangan penyebaran virus corona atau Covid-19 masih terbilang cukup tinggi di Indonesia namun masyarakat diminta untuk berdamai dengan corona.

Selain itu belakangan terdengar juga ada istilah baru yaitu New Normal Covid-19. Apakah sebenarnya kehidupan New Normal ditengah pandemi Covid-19 itu?

Ketua Tim Pakar Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Prof Wiku Adisasmita mengatakan, New Normal adalah kehidupan yang akan dijalankan seperti biasa namun ditambah dengan protokol kesehatan.

“New Normal merupakan transformasi kehidupan baru atau menata kembali pola kehidupan serta perilaku baru disaat pandemi ini hingga ditemukannya vaksin untuk Covid-19,” ujar Prof Wiku Adisasmita yang disiarkan lewat chanel Youtube, Selasa (12/5) lalu.

Wiku menjelaskan, kehidupan new normal ini secara prinsipnya adalah menjalankan aktifitas seperti biasa dengan penerapan protokol kesehatan guna mencegah penularan Covid-19. Protokol kesehatan yang dimaksud adalah mencuci tangan, memakai masker, hindari kerumunan dan Physical Distancing.

“New Normal harus dapat menyesuaikan dengan pola hidup dan kehidupan bersosial yang biasa dilakukan. Tetapi jangan melupakan protokol kesehatan yang telah diberlakukan,” jelasnya.

Hingga saat ini belum ada satu negara pun di dunia yang dapat menemukan vaksin penangkal Covid-19. Karenanya kehidupan new normal ini kemungkinan dapat diterapkan hingga ditemukannya vaksin tersebut.

Pemerintah dan negara lainnya di dunia belum bisa memastikan kapan pandemi ini akan berakhir, oleh karena itu kita akan tetap berhadapan dengan dengan virus ini.

Namun lanjut Wiku, sejumlah ahli dan pakar kesehatan dunia sedang berusaha menemukan vaksin Covid-19 dan kemungkinan vaksin tersebut dapat ditemukan sekitar tahun 2021.

“Oleh karena itu, kehidupan new normal dimungkinkan akan berlangsung hingga tahun 2021 atau bahkan lebih. Namun kita optimis, virus corona dapat tuntas dengan cepat di Indonesia,” ujarnya.

Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 berharap masyarakat dapat merubah pola perilaku hidup karena itu dapat menjadi kunci utama dalam menghadapi Covid-19.

“Hidup normal, terapkan protokol kesehatan adalah kunci utama dari kehidupan New Normal dan mari kita bersama-sama, gotong royong agar terbebas dari Covid-19,” harap Wiku Adisasmita.

0 Komentar

    Kirim Komentar

    jogjastreamers

    SWARAGAMA 101.7 FM

    SWARAGAMA 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    MBS 92,7 FM

    MBS 92,7 FM

    MBS 92,7 FM


    GERONIMO 106,1 FM

    GERONIMO 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM


    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JogjaFamily 100,9 FM


    RAKOSA 105,3 FM

    RAKOSA 105,3 FM

    Rakosa 105,3 FM


    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini